Demonstrasi Makan Korban, Provinsi Tapanuli Belum Bisa Dikabulkan

3 02 2009

61931_mendagri_mardiyanto_thumb_300_225Menteri Dalam Negeri Mardiyanto menegaskan, pemerintah belum bisa mengabulkan desakan sejumlah massa yang ingin menuntut berdirinya Provinsi Tapanuli di Sumatera Utara. Pemerintah masih mempelajari latar belakang desakan aksi massa yang menewaskan Ketua DPRD Sumatera Utara itu.

“Kami tidak mungkin langsung memutuskan iya atau tidak dalam suasana seperti ini,” kata Mardiyanto menanggapi desakan pemekaran di Provinsi Sumatera Utara di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa 3 Februari 2009.

Meski dalam Undang-Undang sendiri yakni peraturan pemerintah nomor 78 diperbolehkan dalam pemekaran daerah, namun menurut Mardiyanto harus dipikirkan dengan matang baik dan buruknya pemekaran suatu daerah itu. Sebab, dalam pemekaran yang telah dilakukan didaerah lain justru ada yang tidak pas. “Terutama mengenai perkembangan ekonomi kedepan,” jelas dia.

Oleh karena itu desakan sejumlah massa itu belum bisa dijadikan pijakan pemerintah bahwa itu keinginan masyarakat Tapanuli secara keseluruhan. “Jangan suatu hal yang diekspos besar-besaran terus menjadi keinginan semua,” terang mantan Gubernur Jawa Tengah ini.

Sebelumnya, sejumlah massa diduga mengeroyok Ketua DPRD Sumatera Utara, Abdul Aziz dalam rapat paripurna. Massa menuntut berdirinya Provinsi Tapanuli kepada DPRD Sumatera Utara. Akibatnya, Abdul Aziz tewas dalam insiden itu. Meski ada laporan juga bahwa Abdul Aziz tewas karena penyakit jantung yang dideritanya.

Atas kejadian itu, Mardiyanto menyerahkan sepenuhnya insiden itu kepihak polisi untuk pengusutan lebih lanjut. “Itu semua adalah wewenang kepolisian daerah,” jelas dia.

Source : VivaNews


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: