Inilah Perkembangan Daerah Kedaulatan Israel – Palestina

7 01 2009

Konflik Antara Israel dan Palestina tidak lain adalah konflik perebutan kedaulatan daerah kekuasaan, meskipun hal tersebut kemudian berkembang kepada masalah SARA.

Negara Israel dan Palestina terletak di wilayah Timur tengah dari Semenanjung Arab, tepatnya berbatasan langsung dengan Negara Mesir, Sinai, Yordania serta Libanon. Konflik perebutan daerah kekuasaan  ini telah terjadi kurang lebih dalam kurun waktu 60 tahun lamanya, mulai dari belum terbentuknya Negara Israel, dan Israel masih merupakan sekelempok yahudi gerilyawan bersenjata yang mencoba mengambil alih kekuasaan dari orang-orang Palestina yang dahulunya belum berbentuk Negara juga.

israel_hist_1973

Jika ditelaah dari sudut pandang sejarah ‘Histori’ nya, dahulunya kawasan sekarang yang diperebutkan Israel – Palestina adalah daerah kekuasaan kedua belah kerajaan, yaitu sebelah Utara termasuk Damaskus dikuasai oleh kerajaan David ‘Davids Kingdoms’ ( 970 SM ) sedangkan pada daerah Selatan dikuasai Oleh kerajaan Solomon ‘Solomon Kingdoms’ (930 SM ) hingga akhirnya penguasaan daerah tersebut tersatukan dalam kekuasaan ‘The Hasmonaean Kingdoms’ ( 167 – 142 SM ).

Berikut Perkembangan Daerah Kedaulatan Israel – Palestina

I. Pada tahun 1920 – 1948

Sebagian besar daerah Jalur Gaza dahulunya dikuasai sepenuhnya oleh bangsa Arab (red. sekarang Palestina), dalam peta diatas digambarkan dengan warna ‘kuning’ sedangkan warna ‘orange’ adalah kawasan yang didiami oleh bangsa Israel. Pada tahun tersebut juga terjadi konflik antar kedua bangsa ini, dimana banyak gerilyawan Israel yang dengan secara diam-diam menyerang dan menguasai daerah kedaulatan palestina. Atas dasar tersebut maka melalui Inggris sebagai penengah pada waktu itu berupaya mendamaikan kedua bangsa yang bertikai ini.

II. Pada tahun 1947

PBB melakukan perdamaian serta mencoba menjadi penengah, tampak pada peta bahwa semakin lama daerah kekuasaan Israel (warna orange) semakin luas, sedangkan bangsa palestina harus puas berbagi dengan bangsa Israel dengan merelakan sebagaian kedaulatannya diambil alih oleh Yahudi.

III. Pada Tahun 1967 hingga sekarang

Seluruh kawasan telah dikuasai oleh Israel dan Palestina hanya mendaulati daerah sekitar Jalur Gaza serta beberapa daerah yang berbatasan langsung dengan Yordania.

Dari peta diatas, tampak sangat jelas apa yang dilakukan oleh Israel merupakan tidak lain adalah tindakan “Penjajahan” terhadap bangsa Palestina yang telah berbentuk Negara dan telah mendapatkan pengakuan kemerdekaan dari berbagai Negara di dunia. Apalagi tindakan ‘pengusiran’ yang dilakukan dengan cara perang membabi-buta tidak dapat dibenarkan, Israel tidak lagi hanya menyerang Pejuang Hamas namun membombardir camp pengungsian rakyat sipil, bahkan waktu penyerangan Operasi tentara Zionis Yahudi tersebut tepat saat anak-anak Palestina pulang sekolah, hal ini dapat diartikan bahwa Israel berupaya membunuh ‘satu generasi’ dari bangsa Palestina. Terbukti dari banyaknya jumlah korban penyerangan tersebut adalah anak-anak yang masih muda belia.

Seharusnya dengan adanya hal semacam ini, PBB harus lebih Pro-Aktif untuk mengusahakan ‘gencatan senjata’ antara kedua Negara, dan mengupayakan perdamaian serta mempercepat penyelesaian konflik. Dan Juga PBB harus tanggap terhadap keadaan anak-anak korban perang dengan mengaktifkan UNICEF untuk melindungi hak-hak anak korban perang yang tidak tahu apa-apa dan tidak berdosa.

Sumber :

Ulasan dan Peta dari berbagai sumber


Aksi

Information

43 responses

7 01 2009
jalu

tetap optimis pada perdamaian

8 01 2009
Putri

save palestine!!!

10 01 2009
mo2n

israel bangsa iblis yang berwujud manusia

14 01 2009
aris

israel is a state war criminal

15 01 2009
parulian

Perang Itu biasa Sama dalam keluarga tengkar sekarang Rujuk besok,
gak usah terlalu Kaku ,sama dengan bertetangga ,Bernegara.
Jadi Kawan -kawan jangan terlalu kau kita pikirkan Ambalat dan Negri Kita
Wassalam.

31 01 2009
defia

Palestina……
We’re with u!!!

23 03 2009
dani

sesungguh nya islam takkan pernah kalah walau bagai manapun kondisinya ???……

Takbir ALLAHHUAKBAR……5X…

8 04 2009
ghilan

israel pasti kalah…………..!

10 05 2009
Tomi

Israel pasti dapat dikalahkan asalkan umat Islam Sunni dan Syi’ah bersatu.Malu donk jikalau Bangsa Arab lebih mementingkan ras mereka dari pada persatuan Islam.Banyak negara2 Amerika Latin yang sudah “merapat” ke Iran.

9 10 2009
abdullah

hey …. * _ * You’re the Zionist
if you dare Do not Like It
Imagine you try you Kafir Army Fight
People’s Civil Nah Got The Guns
Suppose you who were we! Surely you will
Cowards Protection Request …..
Kafir Dogs Think Again ……… !!

Allohuakbar ……..

2 11 2009
bento

hehe.. Kayaknya ga mungkin orang arab ngalahin Israel tuh.. khan dah pernah dicoba… lupa ya… gimana orang arab terbirit2 sambil megangin sorbannya… badannyanya aja besar sama nafsu sex… kita kirim aja TKW yg biar mereka bersemangat perang dengan Israel…. atau mungkin kita coba ngirim FPI aja yg senang berkoar2 masalah susila (padahal dia juga pelanggar asusila)…
gimana….

7 11 2009
Abu Ahmad

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Kedua Kubu Sama-Sama Keras. Dan Israel Semakin Keras karena Di bantu Negara2 Besar Eropa hingga mengeluarkan semacam Fatwa Zionis yaitu ” 1 Tentara/rakyat Israel Gugur,100 umat muslim palestina Harus di bantainya “..
Lalu Apa Yang Di alami Palestina?
Hanya Menjadi Korban Hinaan Mereka meski Palestina Mengikuti Alur Keras yang di luncurkan Israel namun Palestina Tidak Ada Kesiapan untuk Berperang/berjihad.
Al-hasil Rakyat Palestina Menjadi Korban Ideologi,sosialisme,nasionalisme dan B’ats dll dari Partai Besar Mereka dan Keganasan Dari Kubu Israel.
Perundingan damai akan terjadi bila Hamas Mau Berjihad(Secara Defensif)..
tak ada salahnya Bila Perjanjian damai Itu terjadi..
utk Mengakhiri terjatuhnya umat dalam kesedihan, penyesalan, pembunuhan dan perusakan.

wassalam.

13 11 2009
kongkokongkon

dalam sejarah tidak ada negara palestina yang ada dari sono nya cuman israel. Cerita NABI MUSA pun menjelaskan tentang adanya ISRAEL bukan palestina. dan semua nabi pun menceritakan adanya ISRAEL bukan palestina

24 12 2009
setaan

jangan macam macam ya

30 12 2009
basri

emang gue pikirin ntar rontok rambut gue , orang mereka hoby perang mau di apakan juga , ini terkadang ayam yang bertelur ekor teman-teman yang panas .
org berperang ada yang mau di rebutnya ,ini kita payah karena gak ada kaca ,
jadi gak kenal diri ,lau memang benar di indonesia ini paling banyak musuh dari ketidak adilan , korupsi ,kemiskinan , kebodohan , kadang malu banyak ingin jadi jihad pedahal anak istri gak berbaju ,gak makan , gak hidup layak , kalau mau bunuh diri kenapa jauh-jauh .
kita kasihan sadarlah sebelum terlambat , masih banyak yang lebih peting ketimbang mikirin yang jauh jauh , ingat lagu oma irama dah ah capek deh…….

6 01 2010
Farid hassan

Salam. Tahun ini zionist boleh menang, tapi besok islam bakalan menang, sudah banyak partai islam didunia, tinggal gimana supaya nggak ketauan americ.sama.zions, Allah memberi kemenangan asal kita bersatu tidak saling meng.kafirkan. Salam hangat

11 01 2010
nando

Memang benar, dri jaman nabi-nabi yg di ceritakn ialah bangsa israel bukan palestina.
sejarah membuktikan, dan saya rasa kalianpun tau, namun pura g tau.

17 01 2010
villa

lok ak ceeh,papun yg bklan trjdi palestin selalu yg terbaik bwtku
mdah mudhan mreka diberi kekuatan oleh Allah dlm mnghadapi mslh ini…

7 02 2010
koko

Go to hell israel,fuck you all yahudi…

3 03 2010
netral aje

Itu kan sejarah 100 tahun terakhir -_-
Kan sbenernya intinya org Israel percaya itu tanah sbenernya tanah leluhur yg direbut bangsa Arab dulu… Kaya ginian mah uda ada dari jaman perang salib kali… Bedanya, waktu itu Eropa yang berkoar2 mao rebut..
Nah, kita baca info yang netral aja ya contohnya kaya gini:
http://en.wikipedia.org/wiki/Holy_Land
kalo yg foto2 mah bisa rekayasa aje, mana tau kan cerita sbenernya apa…

3 03 2010
netral aje

Yah intinya, jangan terlalu mempercayai apa yg u baca, krn pikiran manusia itu gampang dimanipulasi dengan hal2 yang emang dia percaya doank n dia mau baca.. Berpikirlah terbuka dan ga pihak mana pun.. Namanya juga perang, masa pelurunya milih2 gtu mana musuh, mana bukan.. Dalam perang pasti banyak korban lah ga peduli dari pihak mana.. Btw, kalo ga bisa baca bahasa Inggris, mending jgn ikut2an masalah internasional se krn bakalan mempersempit sumber informasi doank.. Blajar yang bener, baru komentarin org laen.. Peace..

http://www.telegraph.co.uk/news/worldnews/middleeast/palestinianauthority/2613399/Mosab-Hassan-Yousef-son-of-Hamas-leader-becomes-a-Christian.html
Link di atas menarik isinya, tolong dibaca bae2 alesan2nya dia (kita manusia beradab slalu punya alesan untuk melakukan apa pun, bukan pake emosi, kalo pake emosi aja mah jangan gaya2 mau bergaul di internet)..

25 03 2010
nestral people

Ayolah,,,
tanah israel hilang pada saat mereka sedang masa perbudakan di mesir,,
tanpa pikir panjang bangasa filistin(palestina sekarang) menduduki tanahnya..
nah stelah bangsa yahudi luntang lantung, menderita 7 turunan plus terpotongnya akar
suku yahudi(pembantaian yahudi oleh hitler) mereka menemukan kesempatan..
walaupun berbau intrik tapi mereka bisa mendirikan sebuah negara,,
dan stelah punya kuasa mereka pengen ambil lagi tanah yang udah ditinggalin mereka yang pada saat ini sedang di garap palestina…
saya tidak mendukung gerakan Israel tapi gak da salahnya kita lihat sudut pandang israel,, saya hanya menyalahkan cara mereka meminta tanahnya kembali..
tapi tujuan nya mereka sangat menyentuh, yang mereka rindukan hanya satu,,
JERUSALEM sebagaimana mestinya mnurut mereka,,
dan jangan lupa mereka bangsa diberkati Tuhan walaupun mereka sudah murtad sebagai bangsa..
dan ini bukan perang agama, tapi keinginan manusia,,
lagi pula di balik semua ini ada rencana tuhan yang lebih baik..

10 05 2010
toar

ha…………………….daripada repot-repot mikirin israel mendingan mikirin negara indonesia yang selalu dilanda korupsi dan bencana

12 05 2010
Hamba Allah

ingatlah wahai bangsa jahannam (Israel), ummat islam akan, bersatu maka kalian akan menjadi babi yang hanya bisa berkubang di darah kalian sendiri. sesungguhnya Hammas akan membuat kalian kencing ketakutan. jadi, Israel siap 2x untuk menuju neraka jahannam dan kalian akan kekal abadi di dalamnya.

18 05 2010
benny

sebenarnya penyebab israel dan palestina gontok2 an terus . sudah di mulai sejak bangsa israel keluar dari perbudakan di mesir. karena sudah 400 tahun di mesir ketika balik kekanaan ternyata sudah ada bangsa lain yg tinggal disitu yaitu bangsa filistin . wajar dong bangsa filistin tinggal disitu soalnya tanah itu kosong 400 tahun. ditambah lagi kutukan/hukuman dari Allah terhadap raja daud raja kedua bangsa israel yg ambil istri orang terus bunuh suaminya.
kutukan itu adalah pedang tidak akan meyingkir dari keturunan mu.
yang artinya akan selalu ada perang di israel, dan sejak hari itu Allah membangkitkan musuh lama bangsa israel yatu bangsa filistin / sekarang bangsa palestina.
wa percaya ko ga bisa damai karena adanya kutukan atau hukuman itu yg berlaku selamanya .PEDANG dan tidak akan menyingkir SELAMANYA dari keturunanmu.

penyebab mereka di hancurkan roma dan
penyebab mereka luntang lantung 7 tahun dan di bantai hampir abis ama hitler karena mereka mengatakan bahwa mereka dan keturunan mereka akan dosa akibat mendukung dan menyetujui untuk menyalibkan orang tak berdosa yaitu Mesias yg mereka tunggu2 yaitu Yesus Kristus.
mereka mengatakan biarlah darah orang ini ( Yesus kristus)tertumpah atas kami dan keturunan kami.
mereka beranggapan mesias yg mereka tunggu 2 itu akan menghancurkan penjajahan romawi dengan kuasa yang di miliki mesis ini. oleh karena Yesus Kristus cinta damai . mereka bermaksud memaksa Yesus Kristus untuk turun dari salib membuktikan bahwa Dia adalah Mesias dan bangsa yahudi berharap Mesias ini akan menghancurkan penjajah romawi dengan kuasaNya. akal bangsa yahudi beranggapan jika tersiksa dan terdesak kematian serta di permalukan maka mesias akan marah dan bangkit murkanya untuk menghancurkan penjajah romawi dengan kuasa yg dimilikinya. untuk membebsakan orang yahudi seperti yang di lakukan musa ketika terjadi penjajahan terhadap orang yahudi di mesir.

ternyata mereka salah Mesias datang bukan hanya untk orang yahudi tapi untuk semua orang , semua suku dan bahasa di dunia yaitu untuk membebaskan semua orang dari perbudakan maut yg di alami semua bangsa manusia yang sudah di mulai ketika adam dan hawa jatuh kedalam dosa/maut ( upah dosa adalah maut)
bangsa yahudi benar mesias datang untuk membebaskan tapi bukan bangsa yahudi saja tapi seluruh umat manusia. dalam hal ini sekop bangsa yahudi terlalu kecil (hanya bangsa mereka saja).
mesias adalah Tuhan semesta alam / Tuhan semua umat manusia. jadi wajar kalau dia datang untuk menyelamatkan semua manusia bukan bangsa yahudi saja.

sebenarnya seluruh umat manusia di jajah oleh maut alias dosa. dan buktinya semua manusia telah mati dari adam sampai saat ini.

31 05 2010
andra

Woii,
skg liat lah, negara mana yang tdk berkeperimanusiaan..
ga ada otak kalo nyerang kapal(notabanenya perwakilan berbagai negara) untuk bantuan kemanusiaan. Alasan israel ktanya ada serangan dari kapal tersbt, tapi ga disebutkan sumber berita dari mana.. Lagian israel nyerangnya di perairan international.Bener2 terkutuk israel..
Israel emang pantas di laknat oleh Allah..

3 06 2010
Putra

GW g’ stuju tuch sikapnya Israel dari dulu ampe skrang tetep aja nyusahin Palestina, gag cuma Palestina skrang Dunia…
Iblis aja egag stuju apa lagy manusia tentang sikapnya Israel. Emang Israel bangsa Yahudi yang ga’ pnya belas kasih ma Manusia… Semoga mereka semua akan di hukum seberat-beratnya oleh Allah SWT,,,!!!

7 06 2010
Sem Jdaiy

hehe.. (yang pertama) Kayaknya ga mungkin orang arab ngalahin Israel tuh.. khan dah pernah dicoba… lupa ya… gimana orang arab terbirit2 sambil megangin sorbannya… badannyanya aja besar sama nafsu sex… kita kirim aja TKW yg biar mereka bersemangat perang dengan Israel…. atau mungkin kita coba ngirim FPI aja yg senang berkoar2 masalah susila (padahal dia juga pelanggar asusila)…
gimana….
(Yang kedua)dalam sejarah tidak ada negara palestina yang ada dari sono nya cuman israel. Cerita NABI MUSA pun menjelaskan tentang adanya ISRAEL bukan palestina. dan semua nabi pun menceritakan adanya ISRAEL bukan palestina….

7 06 2010
Sem Jdaiy

hehe.. (yang pertama) Kayaknya ga mungkin orang arab ngalahin Israel tuh.. khan dah pernah dicoba… lupa ya… gimana orang arab terbirit2 sambil megangin sorbannya… badannyanya aja besar sama nafsu sex… kita kirim aja TKW yg biar mereka bersemangat perang dengan Israel…. atau mungkin kita coba ngirim FPI aja yg senang berkoar2 masalah susila (padahal dia juga pelanggar asusila)…
gimana….
(Yang kedua)dalam sejarah tidak ada negara palestina yang ada dari sono nya cuman israel. Cerita NABI MUSA pun menjelaskan tentang adanya ISRAEL bukan palestina. dan semua nabi pun menceritakan adanya ISRAEL bukan palestina….

8 06 2010
natus

Israel adalah negara hebat,penegak keadilan,negara yang telah di pilih oleh Allah sejak zaman nabi Musa.teruskan perjuangan mula,melawan kekafiran.lnjutkan …..i love israel………..

8 06 2010
hamba allah

allah maha besar,,, tidak detik ini mungkin detik berikutnya, tidak detik berikutnya, mungkin menit berikutnya, tidak menit berikutnya, mungkin jam berikutnya, begitu seterusnya, sampai tanah palestine di rebut oleh bangsa LAKNATULLAH, dan bersisakan sejengkal, barulah, akan dibayarNYA semua nyawa AHLI surga dengan satu malaikat,

mari berjuang demi kebebasan palestina..
semoga allah meridhai amal para pemuda dengan batunya dihadapan tank- tank besar israel, hanya demi menjaga agar tidak ada satu GARIS HARAM pun yang menyentuh tembok Al-Aqsa,,,
ALLAHUAKBAR

28 06 2010
michael

woiiiiiiiiiiiiii
klien ngapain ribut tentang perang
peace aja deh….
tapi keknya israel yang selalu menang melawan palestina/umat islam
so,,,,
go,go,go israel

please welcome the best winner
…israel…

8 07 2010
dont cry

Jika Allah sudah berkehendak, apapun bisa terjadi…
Ya Allah berikanlah kekuatan bagi hamba-Mu yg lemah ini……
Allahu Akbar…Allahu Akbar…Allahu Akbar…

3 08 2010
villa

israel itu musuh allah..gimanapun yang kapir tetaplah kapir dan orang kapir itu rumah kembalinya di neraka.

16 11 2010
nursidik

umat islam harus bangkit!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
musnahkan kezaliman di muka bumi!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
allohuakbar!!!!!!!!!!!

25 06 2011
Eky Wauran

tetap semangat israel.,.,..,.,
pertahankan kebenaran……….:p
SAPA MO COBA ? TESS AJA………MO SUKA ANGUS ???????

17 10 2011
Muhamad Rifky

jika aku bisa melawan israel aku akan membantu palestina untuk melawan israel

17 10 2011
Muhamad Rifky

lihat saja kita lihat besar nanti pasti palestina menang
israel akan kalah

17 10 2011
Muhamad Rifky

buktikan seluruh dunia islam itu kuat tangguh

2 07 2012
ANDRE

q heran ma dunia ne…
masa hnya soal kedaulatan, agama di bawa2 dalam masalah perang..
negara palestina yang perang kok agama islam yang dibawa2..
apakah saudara2 mau kalau di dunia ne akan terjadi perang agama…
saudara2, saya ingatkan tentang pendapat kalian tentang agama,,
bukan kah kalian menyombong agama kalian yang mendukung terjadinya perang.

20 11 2012
katiran

Hey anak anak yang teriak teriak mau bantu palistina kalian terlalu jauuuuuh mikirin negara orang pikir tu loe punya perut sdh kenyang belum????????tp kalau bunuh diri mending deket loe punya rumah biar gampang ngurusnye<<<<<<<<<<<<

20 11 2012
grandong

Wah didlm negeri Indonesia sendiri banyak juga yg pro dan kontra terhadap israel.

23 11 2012
ANTI ISRAEL

Cuih Israel? Liat PM utusan menjajah Palestina ? Mampus Sekarat , usus membusuk , mata menjadi kuning , pandangan kosong , badan lumpuh ……

itukah pemimpin israel yg dibanggakan?Allah pasti membalas orang2 yg zalim . . . !

ALLAHU AKBAR!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: