Soal Tender,KPU Usulkan Perpres Tunjuk Langsung

6 01 2009

kpu-21KPU akan mengusulkan pembuatan perpres yang mengatur tentang penunjukan langsung bagi pengadaan perlengkapan pemungutan suara dan perlengkapan pendukungnya.

Seperti pernyataan anggota KPU Abdul Aziz yang saya kutip dari inilah.com, Selasa (6/1), mengatakan, perpres tersebut disiapkan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya kesulitan dalam pengadaan kebutuhan Pemilu 2009, terutama untuk pengadaan di daerah.

“Kami menyadari ada sejumlah pengadaan logistik di daerah yang kemungkinan akan terlambat, antara lain untuk pengadaan kotak dan bilik suara, terutama juga pengadaan formulir,”

katanya setelah rapat pleno yang membahas tentang pengadaan kebutuhan pemilu.

Aziz mengatakan, sejumlah KPU provinsi seperti Jabar, Jateng, Sumbar, dan NAD telah melakukan proses lelang. Namun ada sejumlah KPU provinsi seperti Sumsel yang belum melaksanakan proses lelangnya. Telah terjadi konflik di tubuh KPU Sumsel yang mengakibatkan kinerjanya terganggu dan menghambat pelaksanaan tahapan pemilu. Konflik ini berujung pada penggantian 4 anggota KPU Sumsel.

Aziz mengungkapkan, perpres bagi perubahan ke-8 Keppres 80/2003 tentang pengadaan dan pendistribusian perlengkapan pemungutan suara dan perlengkapan pendukungnya ini merupakan payung hukum bagi KPU apabila terjadi keadaan darurat yang mengganggu pengadaan maupun distribusi logistik tepat waktu.

“Perpres ini untuk antisipasi kalau terjadi kondisi darurat. Tetapi kalau proses lelang dapat berjalan normal maka diteruskan saja,” katanya.

Ia kembali menegaskan, perpres ini digunakan hanya untuk kondisi khusus. Lelang yang dapat berlangsung normal maka tetap diteruskan sesuai dengan ketentuan yang ada. Aziz meminta agar upaya antisipasi dari KPU ini tidak disikapi secara berlebihan. Ia memastikan proses lelang untuk pengadaan surat suara, tinta, dan segel masih berjalan normal.

Sementara anggota KPU Andi Nurpati mengatakan, salah satu materi yang akan diatur dalam perpres yakni tentang langkah yang ditempuh apabila pemenang lelang tiba-tiba mundur.

“Ini dapat menimbulkan masalah, sehingga perlu ada antisipasi. Kalau mengikuti ketentuan dalam Keppres 80/2003 tentu tidak mungkin,” katanya.

sumber : inilah.com


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: