Tifatul Sembiring: Eksploitasi isu Palestina? Tuduhan ngawur!

5 01 2009

tifatul_sembiring_headshotSulit membedakan antara manuver politik dan gerakan moral di tahun 2009 ini. Begitu juga dengan aksi demonstrasi yang digelar Partai Keadilan Sejahtera (PKS) atas agresi militer Israel ke Palestina di Kedubes AS di Jakarta.

Aksi PKS itu bahkan dituding sebagai manuver politik dan bagian dari eksploitasi isu Palestina untuk kepentingan Pemilu 2009. Lebih dari itu, aksi PKS untuk Palestina juga dikhawatirkan akan memutar balik langkah PKS yang selama setahun terakhir ini berupaya menjadi partai tengah.

Namun, semua tudingan tersebut dibantah oleh Presiden PKS Tifatul Sembiring. Menurut dia, tuduhan tersebut sama sekali tidak kontekstual dan asal-asalan. “Yang menuduh itu orang ngawur. Mbok ya mikir, sebelum ngomong,” kata Tifatul.

Lalu apa sebenarnya alasan PKS menggelar protes besar-besaran dalam menyikapi isu Palestina ini?

Berikut ini wawancara lengkapnya yang saya kutip dari media massa Online inilah.com :

Apa langkah konkret PKS dalam menyikapi isu Palestina, selain melakukan show of force? Adakah terpikir untuk melakukan pengkajian resolusi PBB?

Kita upayakan itu. PBB, Amerika, dan Israel, sama saja itu. Yang jelas kita tetap melobi negara-negara asing. Semalam, Pak Hidayat Nur Wahid berangkat (ke Qatar) atas undangan Prof Dr Yusuf Qordowi di Qatar. Tujuannya berkeliling dan melobi ke negara Timur Tengah untuk memberikan tekanan kepada Israel sekaligus membantu Palestina.

Adapun di dalam negeri, kita melobi ke dalam pemerintahan. Kita juga akan mengirim 20 relawan, dua orang sudah berangkat melalui Mesir. Tim medis, Insya Allah akan bergerak, dan dilanjutkan dengan pengumpulan dana dengan menyerukan 1 Man 1 Dollar to Save Palestina. Segala upaya kita lakukan.

Memang persoalannya, bukan sekarang persoalan Israel menyerang. Tapi persoalan di tengah-tengah kita juga perlu diselesaikan, misalnya persoalan Hamas dan Fattah. Karena mereka tidak bersatu. Jelas mereka tidak mungkin mengalahkan Israel.

Bagaimana Anda menanggapi tuduhan bahwa aksi PKS dalam peristiwa Palestina tidak terlepas dari upaya PKS mengekploitasi isu Palestina untuk kepentingan Pemilu 2009?

Itu tuduhan ngawur! Kalau aksi PKS hanya saat ini saja, mungkin saja benar. Tapi perhatikan konsistensi PKS! Ada pemilu atau tidak adad pemilu, kita tetap melakukan aksi solidaritas ke Palestina.

Tapi terserah orang menilai, yang penting (aksi) ini adalah kebaikan. Ada juga yang mengatakan, persoalan dalam negeri masih banyak, kenapa membantu orang luar? Ini pertanyaan orang yang tidak mengerti masalah. Di dalam negeri, kita membantu banyak. Di Aceh juga kita lakukan, dan banyak daerah yang tertimpa musibah.

Sikap kami atas Palestina adalah persoalan kemanusiaan, sebagaimana amanat UUD 1945, kemerdekaan adalah hak segala bangsa. Israel terhadap Palestina itu menjajah. Mereka merampok tanah orang.

Lalu apa pijakan aksi PKS, apakah kemanusiaan atau keislaman?

Kemanusiaan dan keislaman. Bayangkan jika (tragedi) itu terjadi pada diri sendiri, negara lain diam. Ya mbok mikir, sebelum berkomentar dan berbuat.

Semoga apa yang disampaikan oleh  Tifatul Sembiring sesuai dengan ideologi dan semangat yang betul-betul iklhas murni dari dalam hati sebagi seorang muslim yang merasa sakit hati melihat saudaranya teraniaya di Palestina.

Postingan terkait :

https://yuhendrablog.wordpress.com/2009/01/03/pks-manfaatkan-moment-agresi-israel-di-palestina/

Sumber : inilah.com

poto : inilah.com



Aksi

Information

17 responses

6 01 2009
sudiono

Yang menuduh PKS memanfaat peristiwa Palestina untuk meraih keuntungan politik semata sama sekali tidak mendasar, sebab saat ini hampir seluruh umat manusia di belahan dunia manapun mengecam kekejaman Israel, lintas agama da lintas bangsa kecuali mereka yang menjadi sekutu Israel termasuk negeri paman sam. Kalau kepedulian mulai dicurigai sebenarnya amat disayangkan, kenapa tidak mempermasalahkan mereka yang bungkam bahkan mendukung negeri para nabi itu dibumihanguskan oleh penjajah Israel ?
Lalu kalau dukungan PKS diprediksi akan merubah wajah partai tengah ini menjadi ekstrim kanan, maka itu tidak akan terbukti, saat ini isu Palestina adalah isu panas dunia, berbagai agama melakukan aksi solidaritas Palestina, tidak hanya Islam, Kristen juga turun ke jalan, jadi apa yg dilakukan PKS adalah sesuatu yg sudah benar & tepat.

6 01 2009
aga

maju terus pak PKS n Pak Tif….. yang nuduh nuduh itu emang sekongkol zionis aja

6 01 2009
ressay

Hanya Allah yang tahu apakah seseorang itu jujur atau berdusta.

Saya jadi teringat dengan salah seorang orator pada saat aksi di solo. Korlap memperkenalkan bahwa beliau adalah caleg.

6 01 2009
Leo Kusuma

Tifaful ga usahlah mo menyangkal. Masyarakat Indonesia itu tdk lagi bodoh spt jaman orde baru. Pak Tifaful, semua umat manusia tdk semata Islam sangat menyayangkan tragedi di Jalur Ghaza! Memang benar, aksi keprihatinan terjadi di mana-mana, tapi hanya Anda dan PKS yang membawa simbol partai politik Anda sendiri. Apa itu bukan eksploitasi namanya? Anda dan PKS sudah tdk jujur di sini.
Jika saya menjadi Anda, saya akan katakan, ‘Ya!. Saya memang sengaja mengeksploitasi tragedi Palestina, krn kepedulian umat manusia adl bagian dr kepedulian partai’. Fair aja, ga usah pake mungkir!

Pak Leo,
satu lagi partai yang bawa isu ini,
PBB (partai Bulan Bintang)
sayang sekali, moment ini selalu dimanfaatkan

6 01 2009
Leo Kusuma

Sebenarnya ga masalah kalo emang mo dieksploitasi. Mereka yg mjd korban di Gaza itu jg butuh dukungan. Hanya saja harus terbuka dan Fair. Mungkin krn kita msh terbiasa dgn budaya ‘Malu2’ jd terkesan malah memberikan citra negatif.

6 01 2009
Adoer

Exploitasi ada dimana2x, ada acara Natal bersama Partai anu, ada Mudik Bareng dengan partai anu, ada Halal Bihalal Lebaran dengan partai anu dan banyak lagi ragamnya tergantung bagaimana mengemasnya. Yang jelas exploitasi tidak menjadikan precedence yang buruk bagi rakyat.

Setuju Bang Adoer !!!
saya sependapat dengan bang adoer,
hanya saja, masyarakat kita terlalu skeptis jika melihat kritikan kepada salah satu partai yang mereka dukung !!!
terima kasih atas komentar dan kunjungannya !!

7 01 2009
Indra Hasbi

Eksploitasi untuk kampanye tetapi dengan jujur kita dukung. Yang bikin muak, kampanye terselubung, habis itu tidak mau ngaku lagi.

7 01 2009
pak_eddy

rasanya… mustahil hal ini bukan exploitasi…
kemaren2…diam aja..pas masa kampanye koar2..
saya bukan pendukung gusdur maupun partainya…
cuma komentar beliau sangat kongkret..
jgn kita asal demo/asal dukung soal palestina.. pelajari dulu apa permasalahan mereka… jgn dibawa2 dgn soal agama..
hamas ama patah sendiri berkelahi..kemudian masa gencatan senjata..sok2 unjung gigi … pas diuber benar habis2an… explotasi korban anak2 ama wanita…
satu yg mesti kita ingat..perang paling berbahaya bukan serangan mortil2 dsb… tapi perang propanganda…

7 01 2009
senopatiarthur

Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus online untuk para netter Indonesia. Salam!
http://partai-politik.infogue.com/tifatul_sembiring_eksploitasi_isu_palestina_tuduhan_ngawur_

7 01 2009
Sudar

kalo ada yg bilang itu exploitasi sepertinya itu zionis israel, bagai manapun nyawa manusia tidak bisa digantikan dgn apapun, soal perdamain di jalur Gaza, kalo israel mau mengembalikan apa yg bukan haknya, Hamas tdk nperlu melanggar genjatan senjata kemungkinan jalur Gaza akan damai. Sesama muslim itu bersaudara jika qta mengaku seorang muslim pastilah akan ikut merasakan apa yg saudara qta sedang dialami. seperti di tanah Palestina. jgnkan saudara, sesama manusia jika qta punya hati,pasti akan punya rasa kemanusiaan.

7 01 2009
Indra Hasbi

Korban justru banyak karena Mesir tidak mau membuka perbatasan. Berarti Mesir bukan saudara bangsa Palestina dong

7 01 2009
Indra Hasbi

kalau memang peduli, kenapa sewaktu situasi politik antara Israel dan Palestina mulai memanas kemaren PKS diam saja! Kenapa pada saat musim kampanye baru bereaksi.

7 01 2009
hargaku

lebih baik kalau yang di eksploitasi adalah masalah2 kemiskinan di indonesia yang blom tuntas…
ga usah urus negara orang .. kaya mereka mikirin negara kita aja kalo kita lagi susah..
masih banyak negara2 arab lain nya tetangga palestina.. dan merka ga ngeributin kaya kita indonesia tuh..yang sok2an solidaritas. padahal negara sendiri masih berantakan.

http://www.hargaku.com

7 01 2009
Mahmud

Hemat saya kalau solidaritas PKS untuk palestina dilakukan dengan murni, yo janganlah membawa bendera-bendera PKS. Kalau bawa-bawa bendera dan simbol-simbol itu udah mengarah pada eksploitasi, tunjukkan simbol pada massa he he he.
Benar juga tuch orang mengatakan politikus kita senang memancing di air yang keruh. Palestina jadi media kampanye partai, simbol-simbol agama jadi alat untuk menarik perhatian.
Semoga masyarakat tidak memilih anda sekalian

8 01 2009
Eling Karepe

Subhanalah, PKS semakin banyak dikenal masyarakat. Alhamdulillah.
Dari sejumlah partai, PKS lah yang paling bersih. Insya Allah masyarakat memilih partai yang bersih.
Oke, satu pertanyaan ya :
Jika PKS tidak menggunakan simbol bagaimana mengumpulkan para kadernya?
Dakwah memang penuh rintangan, bersabarlah dan terus berjuang di jalan Allah para kader PKS.
Allah akan memenangkan bala tentara-Nya dan menggantikan umat yang bobrok dengan yang lebih baik. Allahu Akbar !!

8 01 2009
rantisi

teserah anda komentar apa yang jelas bangsa yahudi adalah bangsat dan yang mendukung juga bangsat harus di hancurkan. saya akan tetap mendukung siapapun yang mengecam bangsa yahudi entah dia partai atau bukan. siapapun yang mengolok olok aksi mereka sebagai solidaritas atas palestina ngga beda dengan Yahudi harus di hancurkan. Allahu Akbar!!!

12 01 2009
Pekaes

Assalaamua’alaikum Waramatullahi Wabarakaatuhu
uhuk2…(sambil batuk2)
weleh…. weleh….
makacie….mpok…abang…nyak…babe…ncing…nkong
ternyate emang pekaes tuh nggak alergi kritik…apalagi kripik en mau mendengar , buktinye saran2 ente padhe didenger ama pekaes …biar tua2 gene ngkong ikut turun ke jln long march monas-hi pp, wah emang udah kagak ade tuh atribut pekaesnye..(puas..puas : Thukul_Mode : ON) malah aksi ini didukung oleh komunitas Buddhis Indonesia, Komunitas Pemuda Kristen Iindonesia…gini ye ngkong cuma bs bilang mau pemilu ni hari, atawa tahun jebot or kagak ade ama sekali, solidaritas tetep harus itu, untuk dalam negeri kite2 jg udh sering, ada penanggulangan bencana (tua2 gene engkong selalu terdepan), aksi tanggap pangan, baksos, pelatihan2 de-el-el, mari2 saling kerja same padhe ape2 (monyet2…?) yg kite ude sepaham en saling toleran atas perbedaan..ini pesen kagak main krn dari mbah nya ustadz : al mukarom al alamah Rasyid Ridha
wassalaamu’alamulaikum wr wb…
eh ada yg ketinggal
uhuk2 (sambil ngacir)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: