YLKI: Iklan XL Tidak Etis

1 12 2008

65650Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menilai iklan XL versi gorila/simpanse tidak etis bagi konsumen. YLKI menilai iklan XL itu memberi pesan tidak perlu berfikir untuk memilih produk.

“Iklan XL versi gorila tidak etis. Pada iklan tersebut disebutkan bahwa “nggak usah mikir”. Dari situ kan sudah sangat kontradiktif dengan bagaimana seharusnya konsumen menjadi cerdas, yaitu memilih terlebih dahulu produk mana yang layak dan tepat dikonsumsi,” ujar Ketua Harian YLKI Tulus Abadi kepada INILAH.COM Senin (1/12) di Jakarta.

Tulus juga mengatakan iklan XL versi gorila yang memiliki tagline “Pasti Termurah” juga tidak wajar. Alasannya iklan itu tidak memberikan keterangan seberapa murah atau bukti dari sebuah lembaga independen.

“Kata-kata Termurah itu sebenarnya sudah melanggar Undang-Undang (UU) No 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Kalau mereka punya bukti termurah, seharusnya diberitakan secara matematis atau menggunakan badan independen. Kalau semua bilang termurah, maka konsumen akan semakin dibingungkan,” ujarnya.

Tulus menambahkan pelanggaran UU No 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen bisa dikenakan sanksi maksimal penjara selama dua tahun atau denda sebesar Rp 2 miliar.

“Kalau terbukti bersalah maka hal ini merupakan kejahatan korporat atau corporate crime. Sebaiknya BRTI (Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia) menanggapi serius iklan-iklan seperti ini agar tidak membingungkan konsumen dan masyarakat,” ujarnya.

inilah

photo : iPha



Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: