Lagu “Gosip Jalanan” SLANK BUAT PANAS TELINGA ANGGOTA DEWAN

9 04 2008

agaknya dengan adanya lirik lagu kelompok band SLANK yang berjudul “Gosip Jalanan” yang menulis sebuah lirik “Mau Tau gak mafia di senayan,kerjanya tukang buat peraturan,bikin UUD ujung-ujungnya duit”, sontak hal ini membuat gerah para anggota DPR, Gayus Lumbun selaku perwakilan dari anggota DPR menyatakan keberatannya kepada kelompok musik SLANK lewat media massa, ia mengatakan bahwa “dengan adanya lirik lagu slank tersebut hal ini telah mencemarkan nama baik sebuah lembaga besar negara yaitu DPR-RI dan ditakuti hal ini berakhibat citra baik DPR akan menjadi buruk dimata masyarakat”.

Ketidaknyamanan para wakil rakyat ini terungkap setelah Badan Kehormatan DPR ‘curhat’ kepada Ketua DPR Agung Laksono, Senin (7/4).

Curhat lirik lagu Slank ini menjadi salah satu rapat konsultasi tertutup di ruang kerja Agung Lakosono yang dianggap menyudutkan para wakil rakyat. Selain masalah ini, konsultasi juga membahas dugaan aliran dana yang masuk ke DPR terkait masalah BLBI.

“Ada grup band yang lagi aktif mendukung KPK, membuat lirik yang menyakiti lembaga (DPR). Bunyi liriknya ‘DPR tukang buat UU dan korupsi’. Itu akan ditindaklanjuti lewat Bamus. Ini grup komersial, bukan LSM. Kalau menjual memojokkan seseorang itu ada hukumnya. Seluruh bangsa di negara ini, kehormatannya ada di gedung ini. Ini rumah rakyat,” tegas Wakil Ketua BK Gayus Lumbuun seusai rapat konsultasi kepada para wartawan.

Menanggapi hal tersebut, Bunda Iffet yang saya kutip wawancaranya di media massa televisi mengatakan bahwa, DPR sangat terlambat dalam menindak hal ini, lagu ini sebenarnya lagu produksi SLANK pada tahun 2004 silam, kenapa tidak kemarin-kemarin saja DPR mengajukan keberatan. hal ini tentunya dirasakan tidak elegan dengan menyebarkan keberatan – keberatan dengan berbicara dimedia massa, kata bunda iffet juga, jika anggota dewan keberatan dengan lirik lagu SLANK tersebut setidaknya masalah ini harus diselesaikan dengan cara kekeluargaan yaitu dengan memanggil SLANK dan mengundang SLANK untuk membahas masalah ini.

Kutipan wawancara ‘Kaka’ (Vokalis SLANK) di media massa elektronik (7/4) ia mengatakan bahwa kelompok musik nya SLANK tidak akan takut menghadapi apapun jenis tuntutan dan gugatan yang dilayangkan kepadanya, kami akan maju terus menyuarakan aspirasi kami dalam bermusik tanpa ada yang melarang, toh judul dari lagu kami kan “Gosip Jalanan” jadi yang kami suarakan itu cuma “GOSIP” bukan kenyataan, kalo emang ditanggapi dengan serius oleh anggota dewan, bisa saja GOSIP itu menjadi sebuah FAKTA.

ANTARA SLANK DAN IWAN FALS

kalo dilihat dari pengalaman SLANK yang sekarang ini lagi heboh-heboh nya di bicarakan oleh masyarakat umum, soal tentang lirik lagunya yang mencubit anggota DPR saya jadi teringat dengan mas Iwan Fals, yang juga memiliki beberapa lagu terdahulunya yang begitu getol mengkritik pedas pemerintah, dan iwan fals sangat berani pada saat itu (saat Orde baru) dimana kebebasan mengemukakan pendapat tidak sebebas pada jaman reformasi sekarang ini. Lagu yang bertema DPR juga ada pada lirik lagu Iwan Fals, kalo tidak salah begini bunyi nya “wakil rakyat seharusnya merakyat, jangan tidur waktu sidang soal rakyat, wakil rakyat bukan paduan suara, hanya mampu nyanyikan lagu setuju” lirik lagu tersebut sempat menakut-nakuti iwan fals akan bayang-bayang jeruji penjara. saya juga tidak tahu bagaimana pendapat mas iwan fals tentang masalah yang menimpa kelompok musik SLANK, namun saya sangat yakin bahwa mas iwan mendukung langkah SLANK untuk menyerukan aspirasinya dalam bermusik.

ANGGOTA DPR, DITENGAH KRITIKAN SLANK SUDAH TERTANGKAP KPK

DPR sedang kebakaran jenggot dengan adanya kritikan pedas yang dilontarkan oleh SLANK melalui syair lagu “Gosip Jalanan”, dan DPR juga getol membela hak-haknya melalui BK (badan Kehormatan) DPR-RI untuk menanggapi masalah ini. ditengah semangat yang begitu membara untuk menekan SLANK satu lagi terjadi kasus yang menambah koleksi citra buruk lembaga negara yang terhormat ini, yaitu ter-tangkaptangan-nya salah satu anggota DPR -RI dari fraksi partai PPP yang melakukan usaha penyuapan terhadap instansi negara lain nya, anggita DPR yang dimaksud adalah AL AMIN yang juga secara kebetulan suaminya penyanyi dangdut kristina. Ia tertangkap tangan melakukan penyuapan terhadap salah satu instansi di kepulauan riau. sungguh sangat membingungkan memang, ditengah GAYUS LUMBUN begitu getol menentang dan mempertahankan kehormatan DPR ada pula satu orang anggota DPR lainnya yang mencoreng citra baik DPR di masyarakat.

Sungguh mengherankan memang, dan sangat pantas bila para musisi kita menyuarakan aspirasinya untuk sesekali mengkritik pemerintah yang seharusnya bekerja dengan arif bijaksana dan jauh dari segala maslaah serta dapat jadi teladan bagi masyarakat banyak.

sekian.

berikut lirik lagu SLANK yang sempat membuat kuping Anggota Dewan di senayan menjadi panas.

GOSIP JALANAN

Pernah kah lo denger mafia judi

Katanya banyak uang suap polisi
tentara jadi pengawal pribadi


Apa lo tau mafia narkoba
keluar masuk jadi bandar di penjara
terhukum mati tapi bisa ditunda


Siapa yang tau mafia selangkangan
Tempatnya lendir2 berceceran
Uang jutaan bisa dapat perawan


Kacau balau … 2x negaraku ini …


Ada yang tau mafia peradilan
tangan kanan hukum di kiri pidana
dikasih uang habis perkara

Apa bener ada mafia pemilu
entah gaptek apa manipulasi data
ujungnya beli suara rakyat

Mau tau gak mafia di senayan
kerjanya tukang buat peraturan
bikin UUD ujung2nya duit


Pernahkah gak denger triakan Allahu Akbar
pake peci tapi kelakuan bar bar
ngerusakin bar orang ditampat2


Aksi

Information

5 responses

9 04 2008
amrie

liriknya keren. berani banget. emang aneh kok baru sekarang diributin, padahal lagunya dari tahun 2004 hehehe…

mas yuhendra, saya mohon izin pasang link blog mas di blog saya ya. terima kasih sebelumnya.

salam hangat,
amrie

28 01 2009
rijalace

halooo kawan kenapa negara kita negara yang panas, ya soal lagu itu saja tidak di per bolehkan kenapa ???? ber arti negara ini banyak yang ?????…………..??
hidup peace slanker rangkas lebak banten piis aka aceng

2 04 2009
aceng

halooo salam jumpa …………. piace banten gw aceng knapa repor masi di indo nesia makin riweh …????/ mungkin pada pengen kesohor kali ya haaaaaa..aahaaaaa jangan pernah coba adh kawan piss rok in slankers

2 04 2009
aceng

maju terus salam sehat and damay .

9 10 2009
stainless tanks

Maju terus buat Slank kami mendukungmu……….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: