Landscape Bandara Udara Internasional Kuala Namu Medan Sumatera Utara.

11 09 2008

Bandara Udara Internasional Kuala Namu

(dikenal sebagai Lapangan Terbang Baru Internasional Medan) adalah sebuah Bandara Udara baru untuk kota Medan, Sumatera Utara Indonesia. Lokasinya merupakan bekas areal perkebunan PT. Perkebunan Nusantara II Tanjung Morawa, terletak di Kuala Namu, Desa Beringin, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang. Kuala Namu akan menggantikan Banda Udara Internasional Polonia yang sudah berusia lebih dari 70 tahun. Saat selesai dibangun, Kuala Namu diharapkan dapat menjadi lapangan terbang pangkalan transit AntarBangsa untuk kawasan Sumatera dan Sekitarnya, akan menjadi Bandara Udara terbesar kedua di Indonesia setelah Bandara Udara Internasional Soekarno – Hatta di Jakarta.

Latar Belakang Pembangunan

Pemindahan lapangan terbang ke Kuala Namu telah dirancang sejak tahun 1991. Dalam kunjungan kerja ke Medan, Azwar Anas, Menteri Perhubungan saat itu, berkata bahwa demi keselamatan penerbangan, lapangan terbang akan dipindah ke luar kota.

Persiapan pembangunan dimulai pada tahun 1997, namun krisis kewangan krisis Moneter pada tahun yang sama kemudian memaksa rencana pembangunan ditunda. Sejak saat itu kabar mengenai lapangan terbang ini jarang terdengar lagi, hingga muncul momentum baru saat terjadi kecelakaan pesawat Mandala Airlines pada September 2005 yang jatuh sesaat setelah lepas dari Bandara Polonia. Kecelakaan yang merungut nyawa Gubernur Sumatra Utara Tengku Rizal Nurdin tersebut juga menyebabkan beberapa warga yang tinggal di sekitar lapangan terbang meninggal dunia akibat letak lapangan terbang yang terlalu dekat dengan pemukiman. Hal ini menyebabkan munculnya kembali usulan agar lapangan terbang di Medan segera dipindahkan ke tempat yang lebih sesuai.

Selain itu, kapasitas Polonia yang telah lebih batasnya juga merupakan faktor direncanakannya pemindahan lapangan terbang.

Proses Pembangunan

Pembangunannya direncanakan akan dilaksanakan sepanjang tiga tahap. Tahap I dimulai pada 29 Jun 2006 dan selesai pada tahun 2009 atau paling lambat 2010. Tahap ini dibangun sendiri oleh pemerintah dengan PT. Angkasa Pura II, dengan pembagian berupa sisi darat (misalnya terminal, kawasan parkir) dibangun Angkasa Pura sementara sisi udara dibangun Direktorat Jenderal Udara dari Departemen Perhubungan. Dana untuk pembangunan Tahap I terdiri dari Rp. 1.3 trilion dari Angkasa Pura dan dana pinjaman sebesar Rp. 2.3 trilion sehingga jumlahnya adalah Rp. 3.6 trilion. Prasarana awal berupa pemagaran panel beton, pemulihan jalan, dan pembuatan pos jaga senilai Rp 6 juta dilakukan dari November 2006 hingga Februari 2007.

Pada akhir November 2006 juga diumumkan pemenang tender untuk pasukan perancang lapangan terbang. Dari 18 peserta, tujuh telah melewati proses prakelayakan dan akan bersaing hingga dipilih tiga peserta terbaik, dan seterusnya hanya satu yang terpilih. PT. Wiratman & Associates kemudian terpilih sebagai pemenang tender perancangan lapangan terbang pada Januari 2007. Setelah itu, pemenang diberi waktu lapan bulan untuk merancang lapangan terbang (hingga Agustus 2007). Setelah proses ini selesai, tender pembangunan lapangan terbang yang diperkirakan akan berlangsung selama dua bulan akan dilaksanakan. Jika sesuai jadwal, maka pembangunan sisi darat akan dimulai pada November 2007 dan diselesaikan dalam dua tahun. Tahap II yang direncanakan dibangun bersama oleh pemerintah dan investor, akan dimulai tahun 2010.

Pengangkutan, Luas dan Kapasitas Bandara

Pembangunan Tahap I disertai pula oleh pembangunan jalur kereta api dari Stasiun Aras Kabu di Kecamatan Beringin ke lapangan terbang yang berjarak sekitar 450 meter. Stasiun Aras Kabu sendiri terhubung ke Stasiun KA Medan dengan jarak 22.96 km. Diperkirakan jarak tempuh dari Medan hingga Kuala Namu akan berkisar antara 16-30 minit.

Ada pula usulan pembangunan Jalan Tol Medan-Kuala Namu sebagai usaha pengembangan prasarana pengangkutan dari dan ke lapangan terbang. Namun pelaksanaan pembangunan selama waktu pembangunan jalan tol tahun 2005-2010 menunggu persutujuan dari  pemerintah pusat.

Tahap 1 lapangan terbang diperkirakan dapat menampung tujuh hingga 10 juta penumpang dan 10,000 pergerakan pesawat pertahun, sementara setelah selesainya Tahap II lapangan terbang ini rencananya akan menampung 25 juta penumpang pertahun.

Luas terminal penumpang yang akan dibangun adalah sekitar 6.5 hektar dengan kemudahan kawasan komersil seluas 3.5 hektar dan kemudahan kargo seluas 1.3 hektar. Lapangan Terbang Antarabangsa Kuala Namu memiliki panjang landasan pacu 3,750 meter, dan boleh didarati oleh pesawat berbadan lebar.

Sumber :

http://ms.wikipedia.org/wiki/Lapangan_Terbang_Antarabangsa_Kuala_Namu

http://www.wiratman.co.id/architect.htm

http://medanphoto.multiply.com/

About these ads

Aksi

Information

42 responses

11 09 2008
ruben bukan onsu

wuihh.. mantap kali ku liat desainnya…

mudah2 an ini terealisasi .. supaya makin mantap medan itu…

hehe

11 09 2008
Singal

Wah, tidak sabar menunggu. Semoga turis makin banyak datang, oleh karena itu kita juga bersiap-siap (belajar) menyambut mereka dengan keramahan, juga kita siapkan segala hal yang berkaitan agar mereka senang berlama-lama. Warung, toko, tontonan kebudayaan, kita sediakan buat mereka, disamping keindahan SUMUT tercinta kampung halamanku.
Semoga juga pengembangan secara bertahap 25 tahun kedepan menyongsong perubahan atau dinamika dan kepadatan telah dirancang, agar tidak seperti Cengkareng saat ini yang sudah seperti pasar.
Saya tidak sabaaarrrr….menunggu.

12 09 2008
erwinsapta

Mudah-mudahan realisasinya sesuai dengan harapan dan impian warga medan. Amin….

13 09 2008
julfan

kami sekeluarga menunggu bandara tersebut

13 09 2008
yuhendrablog

@bang Ruben
iyah bang, mantap kali kan, katanya terminal keberangkatan ama terminal kedatangan di pisah bang, jadi dua lokasi, antara sebelah utara dan selatan gtu2, tapi awak manalah ngerti masalah itu yah bang, kita tengok aja lah nanti yah,…

@Pak Singal
yah pak, I love Sumut juga pak,
cinta kedaerahan gak ada salahnya juga kan pak,
semoga dech cepat2 tuh aktif bandara

@bang erwinsapta
AMin bang,… :)

@julfan
sama bang, kami juga, dagh sumpek tuh polonia
*gaya marah mode On* :D

26 09 2008
onewan

iya lama kali realisainya. aku sebagai warga deliserdang yg tepatnya di tembung ingin tahu juga apakah dengan dipindahnya bandara ke deliserdang membawa dampak yg cukup besar untuk tembung. soalnya nya selama ini tembung itu di benak orang medan cuman tempat jin buang anak, kampungan, macamlah bang……..semoga hal ini bisa berubah……..

13 01 2009
Purjianto

Buat abang orang Tembung……
Sama kita bang, saya juga orang tembung. Memang Tembung itu kata orang2 “kota” katanya tempat jin buang anak dll. Tapi sekarang banyak orang2 kota yang pada lari ke Tembung. Tapi bang tiap pagi saya sarapan macet. Kalo misalnya Jalan Medan Batang Kuis dijadikan salah satu akses ke kuala namu paten kali ya bang, pasti dilebarin dan saya pasti tdk sarapan macet lagi.
Eh…tapi omong2 nanti bisa nggak ya lihat pesawat di anjungan seperti kalo di Polonia itu lho, ya anak2 kan suka kali itu.

12 05 2009
hansen

wah2… sudah lama sekali saya menunggu bandara ini. tapi…
liat sekarang.. tidak ada lagi kabar tentang kuala namu.. mudah-mudahan dapat selesai sampai akhir 2010..

[SeN]

28 09 2009
adys

mank’y bandara kualamu dg polonia apa beda’y……
susah banget nyari gambar bandara polonia…………….

3 10 2009
kanda

paten kali bah

26 02 2010
judika

ganti tender lagi ini y???
Tp, masih kurang bagus…
Aq pikir bs lbh dr Changi airport….

16 08 2010
M.Hisam

Sebagai warga asli desa Ramunia dua kecamatan pantai labu kab. deli serdang saya bangga, tapi jangan hanya bandaranya yang megah,tapi tolong jalan di sekitar bandara juga di percantik…semoga cepat selesai…

17 08 2010
byuga yura

ya harapanku hanya smoga terealisasikan aja bandara yang dari design nya amazing banget….
biar kampung aku maju juga…….sukamandi hilirrrrrrr
jangan lupa akan pariwisata di sekitar bandara kuala namu…… di kembangkan.dan medan lainya.

21 08 2010
opang

horas bah

10 09 2010
yusuf

kami warga Lubuk Pakam, khususnya Jalan Pantai Labu Desa Sekip, berharap pembangunan project bandara kualanamu berjalan dengan sempurna dan proposional dan tidak lokalan…..

tetapi kami sangat tidak nyaman dengan fasilitas transport yang merusak jalan umum untuk aktifitas masyarakat sehari-hari……

kalau dari pihak bandara tidak bisa untuk mengatasi masalah tersebut mohon belajar dari negara luar dalam menangani mega project tersebut…..

tq.

28 09 2010
mr neng jr

mantap…

13 10 2010
willy

uh… gk sabar aq nungu bandara itu selesai…

6 11 2010
febrianto

tolong dong gimana ni bandar udara di waktu mau lebaran sampai-sampai g dapet tiket mang nya udah g ada lagi y/udah habis gimana ni staf/menejemenya
moga-moga tahun depan akan labih baik di banding dengan tahun-tahun yang lalu

6 11 2010
febrianto

06-11-2010
jam 23.22 WIB

15 03 2011
jranthos

+ jauh + biaya deeh gue..dr sbrang klo mudix tp is okey yg penting baik utk smua ANAX,MEDEAN

12 04 2011
ridwan

wah konsep lanscapnya bagus…

smoga cepat beres. jadi bisa langsung landing di situ.
heheheheh

7 06 2011
dani

kepada pemerintah pusat maupun pemda sumut
ini sudah tahun 2011
kapan donk rencana jadinya bandara kita ini…
lama sangat…

malu juga kita, turis yang dtg k polonia aneh gtu mukanya karena sembrawutan gtu bandara polonia..
semoga tahun 2012 dh terealisasi y..

20 09 2011
irwan

kpanyah bandaranyah jdi udh gK sabar ni nunguyah lama xxxxxx

29 12 2011
jhonny

Medan megapolitan…

13 01 2012
sutrisno

saya sebagai warga tanjung beringin bangga dengan pembangunanan itu….kalau bisa bandara ini nanti tolong di jaga dan dirawat dengan syarat:
1.kebersihan di tingkatkan
2.usir para calo tiket,calo tki,pokonya yang berbau calo seperti yang di soetta,jakarta
3.uniform kayrawan bandara harus seperti di bandara heatrhow london, berdasi, jas,,,jadi kelihatan profesional…..dan smart, jago berbahasa inggris, melayu,batak dan indonesia,
4. koneksi transpot harus memadai,seperti di heatrehow,hongkong, dubai,singapore.
5.dilarang sepeda motor masuk bandara seperti di soetta
6.dilarang berjualan sembarangan,seperti soetta
7.buat tempat jualan layaknya seprti view mall luxury

13 01 2012
sutrisno

dengan hal itu semua,,wisatawan mancanegara akan bangga untuk sumatera utara khususnya dan indonesia umumnya,,,,mereka akan senang dan betah datang berkunjunng ke kota medan atao sumatera utara,,jadi mohon buat pemerintah kota medan dan sumut semua syarat diatas di realisaikan.thanks,semoga sumut makin maju,damain,aman.bravo dari anak medan yang bekerja di negara orang,BAHAMAS

25 01 2012
siska

klu bandara luas tp ga ada damri untuk kemana” sama aja boong … jadi tambah jauh

5 02 2012
achmad handoko

pten juga ya tapi kok lama siap nya

16 02 2012
ayu ting ting

saya sebagai warga sumut, dan tanjung beringin khusunya sanagat bangga dengan melihat rancangan Bandara kuala namu,,,,,,,,mudah mudahn cepat selesai biar cepat di landasi pesawat dari luar negeri yang sesuai dengan kapisitasnya………….diharap setelah beroperasri nantinya tolong di perhatikan hal hal berikut:
1. para tukang jualan kaki lima dilarang berjualan di sekitar bandara dan didalam bandara.
2. ciptakan tempat belanja dan makan layaknya di mall Luxury didalam bandara
3. dilarang ojek kereta atau becak masuk kedaerah bandara, sehingga nyaman buat penumpang domestic maupun luarnegri.
4. di mohon semua petugas bandara standard uniformnya pake jas dan dasi seperti di bandar internationl di luar negeri
5. harap para calo tiket di buang atau diusir dari dalam dan sekitar bandara, jangan seperti yang ada di SOETTA jakarta, kebanyakan dari mereka dalah orang batak, sehinga merusak kenyamanan seperti layaknya di terminal pulogadung.
6. akses jalan kedalam dan keluar bandara terjamin 24 jam.
7. jaga kebersihan dan perlatan.

16 02 2012
ayu ting ting

pak gubernurrrrrrrrrrrrrrrrr,,,pak bupati,,,,,pak camat,,,,,pak lurah…dan semua masyarakat sumut…tolong ya di simak dan di baca koment saya diatas.makasih.lanjutkan pembangunan SUMUT

17 02 2012
ya aku

ini memang senang bagus klu terkabul namun untuk mengharapkan atas persetujuan pusat ini akhirnya agan2 aja ,banyak daerah lain tak setuju ,apalagi negara lain misalnya negara tetangga dan mensuport penudaan bandara baru ini ,alasan karena economi mereka

8 03 2012
aqurius sinambela

horas horas horas manjua jua mohon dukungannya menjadikan bandara baru yg ada di sumatera utara menjadi nama pahlawan sisimangaraja untuk mengenang perlawanannya mengusir penjajah melepaskan penindasan dari tanah batak sampai titik darah penghabisan menjadikan bangsa yg besar perhitungkan di RI maupun di belahan dunia sukseskan sebarkan informasinya thaks YBU

9 04 2012
BABAW HELLPETBABAW HELLPET

satu kata deh….. ” MANTABBBBBB”

22 04 2012
just man...

bandara kualanamu aku tidak sabar lagi untuk menunggumu…..
kalahkan semua bandara yang ada di indonesia maupun bandara luar negeri….
baik itu dari segi keindahan ,fasilitas, dan lain-lain …..
kualanamu yesss…

25 04 2012
ijel

selow….. :D ,, Lubuk pakam akan jadi kota besar:P

2 06 2012
suhardi

SEMOGA BANDARA KUALA NAMU SCPTNYA SELESAI BEROPERASI……
MUDAH2AN MENCIPTAKAN LAPANGAN PEKERJAAN YG DPT MELESTARIKAN PUTRA2 BANGSA.DIHARAPKAN SEMAKIN SUKSES…….

2 06 2012
suhardi

SAYA SEBAGAI PUTRA BANGSA (ASLI ORANG MEDAN),BERHARAP DAPAT BEKERJA DIKOTA SAYA SENDIRI….

15 08 2012
PRIMADANI

saya berhubung putra dari daerah kuala namu
mau mendoa kan smog BndR kuLnMU DAPAT BEROPRASI SECEPAT NYA DAN JALAN PANTAI LABU DAN KEC.BERINGIN CEPAT DI PERBAIKI KARENA RUSAK PARAH SUDAH BANNYAK KORBAN DI JALAN INI

15 08 2012
PRIMADANI

bapak2 pejabat di sumut and ibu kota
tolong dong perbaiki jalan yg ada d kec.beringin akibat truck2 membawa barang2 utk pembangunan bandara kuala namu jalan kamu hancur dan berabu

pemerintah seneng masyarakat beringin pun lebih senang

saya bosan meliht masyarakat beringin demonstrasi saja menuntut masalah jalan yg ada di kec.beringin

14 09 2012
Nurman Syahputra

ea moga 2 za cepat selesai,,dan kota medan akan semakin maju,,.

12 11 2012
ismail S.Kom

semoga kita adalah orang yang terpilih dibagian loker besar kuala namo

3 01 2013
pindo

dua kata juga lah horas bandar kuala namu

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: