Benarkah Indonesia adalah benua Atlantis yang hilang?

4 09 2008

Musibah alam beruntun dialami Indonesia. Mulai dari tsunami di Aceh hingga yang mutakhir semburan lumpur panas di Jawa Timur. Hal itu mengingatkan kita pada peristiwa serupa di wilayah yang dikenal sebagai Benua Atlantis. Apakah ada hubungan antara Indonesia dan Atlantis?

Plato (427 – 347 SM) menyatakan bahwa puluhan ribu tahun lalu terjadi berbagai letusan gunung berapi secara serentak, menimbulkan gempa, pencairan es, dan banjir. Peristiwa itu mengakibatkan sebagian permukaan bumi tenggelam. Bagian itulah yang disebutnya benua yang hilang atau Atlantis.

Penelitian mutakhir yang dilakukan oleh Aryso Santos, menegaskan bahwa Atlantis itu adalah wilayah yang sekarang disebut Indonesia. Setelah melakukan penelitian selama 30 tahun, ia menghasilkan buku Atlantis, The Lost Continent Finally Found, The Definitifve Localization of Plato’s Lost Civilization (2005). Santos menampilkan 33 perbandingan, seperti luas wilayah, cuaca, kekayaan alam, gunung berapi, dan cara bertani, yang akhirnya menyimpulkan bahwa Atlantis itu adalah Indonesia. Sistem terasisasi sawah yang khas Indonesia, menurutnya, ialah bentuk yang diadopsi oleh Candi Borobudur, Piramida di Mesir, dan bangunan kuno Aztec di Meksiko.

Bukan kebetulan ketika Indonesia pada tahun 1958, atas gagasan Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja melalui UU no. 4 Perpu tahun 1960, mencetuskan Deklarasi Djoeanda. Isinya menyatakan bahwa negara Indonesia dengan perairan pedalamannya merupakan kesatuan wilayah nusantara. Fakta itu kemudian diakui oleh Konvensi Hukum Laut Internasional 1982. Merujuk penelitian Santos, pada masa puluhan ribu tahun yang lalu wilayah negara Indonesia merupakan suatu benua yang menyatu. Tidak terpecah-pecah dalam puluhan ribu pulau seperti halnya sekarang.

Santos menetapkan bahwa pada masa lalu itu Atlantis merupakan benua yang membentang dari bagian selatan India, Sri Lanka, Sumatra, Jawa, Kalimantan, terus ke arah timur dengan Indonesia (yang sekarang) sebagai pusatnya. Di wilayah itu terdapat puluhan gunung berapi yang aktif dan dikelilingi oleh samudera yang menyatu bernama Orientale, terdiri dari Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Teori Plato menerangkan bahwa Atlantis merupakan benua yang hilang akibat letusan gunung berapi yang secara bersamaan meletus. Pada masa itu sebagian besar bagian dunia masih diliput oleh lapisan-lapisan es (era Pleistocene). Dengan meletusnya berpuluh-puluh gunung berapi secara bersamaan yang sebagian besar terletak di wilayah Indonesia (dulu) itu, maka tenggelamlah sebagian benua dan diliput oleh air asal dari es yang mencair. Di antaranya letusan gunung Meru di India Selatan dan gunung Semeru di Jawa Timur. Lalu letusan gunung berapi di Sumatera yang membentuk Danau Toba dengan pulau Somasir, yang merupakan puncak gunung yang meletus pada saat itu. Letusan yang paling dahsyat di kemudian hari adalah gunung Krakatau (Krakatoa) yang memecah bagian Sumatera dan Jawa dan lain-lainnya serta membentuk selat dataran Sunda.

Atlantis berasal dari bahasa Sanskrit Atala, yang berarti surga atau menara peninjauan (watch tower), Atalaia (Potugis), Atalaya (Spanyol). Plato menegaskan bahwa wilayah Atlantis pada saat itu merupakan pusat dari peradaban dunia dalam bentuk budaya, kekayaan alam, ilmu/teknologi, dan lain-lainnya. Plato menetapkan bahwa letak Atlantis itu di Samudera Atlantik sekarang. Pada masanya, ia bersikukuh bahwa bumi ini datar dan dikelilingi oleh satu samudera (ocean) secara menyeluruh. Ocean berasal dari kata Sanskrit ashayana yang berarti mengelilingi secara menyeluruh. Pendapat itu kemudian ditentang oleh ahli-ahli di kemudian hari seperti Copernicus, Galilei-Galileo, Einstein, dan Stephen Hawking.

Santos berbeda dengan Plato mengenai lokasi Atlantis. Ilmuwan Brazil it berargumentasi, bahwa pada saat terjadinya letusan berbagai gunung berapi itu, menyebabkan lapisan es mencair dan mengalir ke samudera sehingga luasnya bertambah. Air dan lumpur berasal dari abu gunung berapi tersebut membebani samudera dan dasarnya, mengakibatkan tekanan luar biasa kepada kulit bumi di dasar samudera, terutama pada pantai benua. Tekanan ini mengakibatkan gempa. Gempa ini diperkuat lagi oleh gunung-gunung yang meletus kemudian secara beruntun dan menimbulkan gelombang tsunami yang dahsyat. Santos menamakannya Heinrich Events.

Dalam usaha mengemukakan pendapat mendasarkan kepada sejarah dunia, tampak Plato telah melakukan dua kekhilafan, pertama mengenai bentuk/posisi bumi yang katanya datar. Kedua, mengenai letak benua Atlantis yang katanya berada di Samudera Atlantik yang ditentang oleh Santos. Penelitian militer Amerika Serikat di wilayah Atlantik terbukti tidak berhasil menemukan bekas-bekas benua yang hilang itu. Oleh karena itu tidaklah semena-mena ada peribahasa yang berkata, “Amicus Plato, sed magis amica veritas.” Artinya,”Saya senang kepada Plato tetapi saya lebih senang kepada kebenaran.” Namun, ada beberapa keadaan masa kini yang antara Plato dan Santos sependapat. Yakni pertama, bahwa lokasi benua yang tenggelam itu adalah Atlantis dan oleh Santos dipastikan sebagai wilayah Republik Indonesia. Kedua, jumlah atau panjangnya mata rantai gunung berapi di Indonesia. Di antaranya ialah Kerinci, Talang, Krakatoa, Malabar, Galunggung, Pangrango, Merapi, Merbabu, Semeru, Bromo, Agung, Rinjani. Sebagian dari gunung itu telah atau sedang aktif kembali.

Ketiga, soal semburan lumpur akibat letusan gunung berapi yang abunya tercampur air laut menjadi lumpur. Endapan lumpur di laut ini kemudian meresap ke dalam tanah di daratan. Lumpur panas ini tercampur dengan gas-gas alam yang merupakan impossible barrier of mud (hambatan lumpur yang tidak bisa dilalui), atau in navigable (tidak dapat dilalui), tidak bisa ditembus atau dimasuki. Dalam kasus di Sidoarjo, pernah dilakukan remote sensing, penginderaan jauh, yang menunjukkan adanya sistim kanalisasi di wilayah tersebut. Ada kemungkinan kanalisasi itu bekas penyaluran semburan lumpur panas dari masa yang lampau.

Bahwa Indonesia adalah wilayah yang dianggap sebagai ahli waris Atlantis, tentu harus membuat kita bersyukur. Membuat kita tidak rendah diri di dalam pergaula internasional, sebab Atlantis pada masanya ialah pusat peradaban dunia. Namun sebagai wilayah yang rawan bencana, sebagaimana telah dialami oleh Atlantis itu, sudah saatnya kita belajar dari sejarah dan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan mutakhir untuk dapat mengatasinya.

Sumber: :

Forum kaskus.com dan Wikipedia Online

About these ads

Aksi

Information

79 responses

4 09 2008
putRi

cem belajar sejarah ak aGh..
jd teriNgat guRu sejaRah ak..
syPa y naMany,
SyawaLina..
eghh..saLah ding..
itu kan naMa mama nya si ec..hahaha
y iNget ak sekaRang
naMa ibu itu SUKARTINA…
hahahahaha

5 09 2008
Manik

Fenomena ini sama halnya dengan, apakah “suku Batak adalah Bangsa Israel yang hilang?” :D

5 09 2008
senopatiarthur

Artikel anda di

http://nasional.infogue.com/benarkah_indonesia_adalah_benua_atlantis_yang_hilang_

promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema untuk para netter Indonesia. Salam!

5 09 2008
mataharicinta

wow!
amazing!
tapi pertanyaannya, kalo indonesia adalah benua atlantis yang dulu hilang, kenapa sekarang masih ada indonesia?
bukannya dulu udah ilang?

salam kenal!

5 09 2008
Nich

saya paling senang sekali dengan fakta seperti ini
(ini memang sudah fakta kan?)

great post, man

6 09 2008
Tommy IP

Thanks atas informasinya, biarpun kita jadi new atlantis ato old atlantis
seharusnya negara dapat mensejahterakan seluruh rakyat seperti yang banyak di ketahui orang bawah atlantis yang dulu makmu….
smoga Indonesia makin makmur….

6 09 2008
Rizky

blog ini menarik lho… coba di share aja di situs social bookmarking ini>>> http://www.lintasberita.com mudah2an bisa membantu naikkan traffic blog ini.. ok deyh.. keep up the great job ok.. thanks..

6 09 2008
Lyea

Apa bener nech..?

Kalau bener,,,pengaruhnya apa..??

Negri ni bakal ilang..?

Gak pa pa lah,,,ilang bareng” lw ini…

7 09 2008
nindityo

baca aja novelnya ES Ito yg berjudul Negara Kelima

8 09 2008
yuhendrablog

@all
rupanya banyak juga apresiasi rekan2 terhadap postingan saya ini,
saya ucapkan terima kasih, tapi dengar-dengar sih gitu adanya, katanya indonesia merupakan salah satu bagian dari benua Atlantis yang hilang itu, yang dikenal juga sebagai awal peradaban manusia, tapi ya, siapa tau kan, tentunya para ahli membuat pendapat dengan mengungkapkan sejumlah bukti pendukung kan? yah intinya percaya nggak percaya deh !!

terima kasih

13 10 2008
nanlimo

keberadaannya,, tlah dtemukan… dan belum dpublikasi… ada di Riau. kab.kuansing.
tungggu pnerbitan bukunya

26 10 2008
AtLanTis,, Sang Benua HiLang.. DiIndonesia ?? « dracool ^dik^

[...] Benarkah Indonesia adalah benua Atlantis yang hilang? [...]

27 10 2008
fio

ora mungkin,,,

indonesia g bakalan jd ahli waris atlantis..

ntar kl mbleduk lg gimana nasib indonesia???

maw ancur??

tinggal papua donk yg tersisa

9 03 2009
andress

yup.. indonesia adalah atlantis, yang selalu di awasi terus keberadaannya

pernah pada masa Soekarno, ada permala dari amerika yang mengatakan bahwa suatu saat nanti indonesia yang akan memimpin dunia..

kalo dipikir emank bener sih

liat aja Pancasila, itu yang mempersatukan Indonesia sebagai miniatur dunia yang dapat menyatukan berbagai bahasa, adat istiadat, agama, dan pebedaan yang lainnya yang paling banyak jumlahnya di Dunia.

dahulu patih gajah mada bercita² ingin mempersatukan Nusantara, tapi belum terlaksana, dan di teruskan oleh Ir.Soekarno yang akhirnya dapat mempersatukan Nusantara ini, dan kelak akan ada yang mempersatukan dunia ini.

Atlantis dengan teknologinya yang canggih, dengan penemuannya yang mutakhir,
Indonesia dengan ahli fisika, matematika, IPA yang telah memenangkan banyak kejuaraan didunia yang akan mengembalikan peradaban yang hilang itu kembali lagi dengan bertahap, walaupun memakan ribuan tahun lamanya.

28 07 2009
ulfa

percaya ato ga percaya saya rasa bukan masalah. mungkin lebih baik kalo kita ambil sisi positifnya saja. benar atau tidak indonesia adalah atlantis, yang pasti yang harus kita pertahankan adalah bahwa indonesia adalah bangsa yang besar dan makmur, yang bersatu walaupun terdiri dari berbagai suku, negeri yang indah yang dikenal dengan zamrud khatulistiwa. masih banyak citra Indonesia yang baik lainnya yang perlahan sudah mulai terkikis dan hanya meninggalkan citra buruk Indonesia (korupsi, teroris, dll). lebih baik kita bersama sama mengembalikan citra indonesia seperti dulu di mulai dari diri sendiri, dimulai dari hal yang paling kecil, dan dimulai saat ini…. :-)

28 08 2009
Ad!Eta

W-o-W…

Keren ya??
Klo Indonesia bnr aTlanTis..
Qta rZ baNg9a dUnk..

Tp maU atLant!S toW eng9a..
Ttp Indonesia khan??

3 09 2009
Wawan

Top.. Infonx.. Gue yakin ko ma temuan itu.. N gue yakin bhw ngra qt suatu saat tp psti akan menjdi kiblat dunia.. Negara mana didunia yg mmiliki kekayaan alam melebihi negra qt ? Negara mana di dunia yg mmiliki iklim ssmpurna negara qt ? Bravo my country..

1 10 2009
laras

seneng dengernya,apalg kl benar adanya.hanya…u/apa bangga dg masa lalu yg penting benahi sj yg di depan mata.kemiskinan,penganguran… adalah lbih penting dan PR yg musti sgera di tuntaskan .karya dan kiprah positif masa kini yg utama jk ingin bangga di percaturan dunia…Atau jdkan ini pemicu u/mengembalikan kejayaan masa lalu kmbali terengkuh…

8 10 2009
novi

saya sedang bikin paper tentang benua atlantis yang hilang itu. Tapi jika benar benua atlantis itu adalah cikal bakalnya kepulauan indonesia, lalu jika saya hubungkan dengan kisah ancient greece, tentang pilar hercules yang diletakkan di antara pulau atlantis yang katanya kedua pilar itu terletak di mediterania. Lalu bagaimana apa mungkin pulau atlantis itu setelah tenggelam di mediterania lalu pindah posisi yang akhirnya jadi indonesia?

11 10 2009
joedy

syukur deh kl dah tau atlantis dmn…..jd,kl mo ‘INDONESIA RAYA’..seluruh rakyat & pemimpin hrs jujur & bekerja dgn giat dan benar…BRAVO!

11 10 2009
joedy

kl mo maju…hrs saling menghargai/rukun seluruh agama, ras maupun golongan!….adalah Bhinneka Tunggal Ika….yg skg dimplementasikan amerika lho!

14 10 2009
yc

bararti kita harus bener2 bangga jadi bangsa indonesia.. punya warisan sejarah yang sangat luar biasa.. tambah cinta dech sama indonesia.. ^^

19 10 2009
Rush it25

Jgn terlalu bangga….. Tapi musti banyak belajar dr sejarah .. Kalo bnr ini negri dulunya Atlantis yg di tenggelamkan Allah, mungkin penghuninya paling banyak maksiatnya di banding bangsa lain…
Masih berbanggakah???
Ato mungkin sampai Allah tenggelamkan seluruhnya br kita sadar…
Masih berbanggakah???

20 10 2009
must ponc

aku malah takut bro,…. ntar kalo kejadiannya seperti dulu indonesia bisa jadi pulau kecil2 …………

21 10 2009
ely

di Indonesia jg bnyk qt denger pulau yg hilang… menyeramkan

30 10 2009
Ophyadi

klo emang iya..apakah kita bangga ato takut untuk menghadapinya kedepan..??

12 11 2009
sun2

aku ci ga yaqhn,,, karena dari gambar,, benua atlantis itu gambaran tata kota sempurna dengan sistem pengairan yang bagus… melingkar2 dan tertuju pada sebuah menara… sementara di indonesia banyak temuan fosil manusia purba dengan perlengkapan seadanya (baca:artefak). apa iya bangsa (benua)yang binasa lalu muncul tapi dengan pradaban yang jauh dari kata modern,,, apa setelah bencana, kepala mereka terbentur,, lalu lupa caranya membuat barang2 yang modern..=} secara gtu gembar-gembor kalo benua atlantis orangnya pinter2,,,

12 11 2009
easylia

wow, amazing bgt klo trnyata ngri kta ini adalah atlantis yg kmbali ditemukan, bangga sih.. tapi jgn takabur dg kejayaan msa lalu.. lbh baik berbenah diri jd yg smakin baik n_n

13 11 2009
kiky

it’s so impossible..hahahahaha

13 11 2009
arif

menurut gw bisa aja bener sebab atlantis benua yg cukup luas juga and indonesia sebagian dari benua itu yg datarannya paling tinggi jadi ga sempet tenggelem. yg perlu kita benahi sekarang bagaimana jaga bumi ini agar tetap seimbang agar kiamat makin jauh ….

16 11 2009
upick

manknya ada pengaruhnya yah, mau benua atlantis yg ilang ato ga…???? orang dulu yah orang dulu, yg skrg yah yg skrg… manknya kepintaran atau kemakmuran bisa diwarisi begitu sj… harus berjuang juga donk,,, jgn berbangga hati aja walaupun benar Indonesia benua atlantis yang hilang, yang perlu dibanggakan kalu kt “org Indonesia” bisa mengangkat nama baik kita ke pelosok jagad raya ini… masalah bencana alam itu sudah ada yang ngatur, jdi ga ngaruh biarpun masa lalu Indonesia adalah benua atlantis, Jepang saja sampe skarang sering gempa.. jdi jgn LEBAY soal atlantis… hehehhe.. pisssssss…

24 11 2009
ipien

ae…ngapusi…………………

25 12 2009
Ekkanofiq

Atlantis itu cuma Mitos

26 12 2009
jekcy ch pati

sangat indah,kagum,bangga! dengan munculnya pemberitahuan itu. tapi pd zmn dahulu itu sukses,besar,masyhur. apakah Indonesia seperti itu???? semoga dengan thn ke-depan dan ke-depan mungkin bisa kembali dengan zmn yang telah eksis itu. amiin……. salam Indonesia!!!!

30 12 2009
WILLY

klo mnurut gw, qt hrus bangga dg ditemukannya benua yg tlah lama hilang ini. Bukankah ne2k moyang qt prnah berkata qt ni bangsa yg besar.

30 12 2009
WILLY

klo mnurut gw, qt hrus bangga dg ditemukannya benua yg tlah lama hilang ini. Bukankah ne2k moyang qt prnah berkata “qt ni bangsa yg besar”.

25 02 2010
SRI AQILAH

WOW amazing tp agak takut jg sih kalo ntar Indonesia mngalami kjadian yg sm dg benua Atlantis….
Namun kita jg patut bersyukur kita smua masih diberikan tempat untuk hidup…

28 02 2010
Mas Edy

Mas tempatku di kota Curup Propinsi Bengkulu, Aku tinggal 20 km arah timur kota curup tepatnya desa Sumber Bening Kec.Selupu Rejang. Tempatku ini terletak di kaki bukit yaitu Gunung Bukit Kaba. Menurut cerita orang-orang di ladang dekat mata air di kaki bukit kaba ada peninggalan Jangkar Kapal yang besar dan rantainya. Terus aku pikir tempatku ini kan daerah pegunungan, terus ditemukan ada jangkar kapal. Jadi kalau begitu di tempatku ini dulu lautan yang jadi daratan. Benar ngggak ya….? tolong dong kalau ada yang ahli sejarah dapat datang ke tempat daerahku… untuk membuktikan fakta tersebut. tq

4 04 2010
neis

jaman memang udah berkembang,,udah gda yang g mungkin,,kejadian beribu tahun lalu sekarang bisa terkuak perlahan,,salut untuk orang yang meneliti sampai muncul fakta tentang atlantis ini..sekarang kita tinggal merenung,,sebuah tempat yang sedang dalam keadaan puncak aja bisa hilang,,dengan berbagai faktor yang mendasari itu..kita tinggal menjaga semua yang masih ada..perbaiki dan pertahankan negeri kita ini..introspeksi dan mulai jadi bangsa yang bersyukur..

3 06 2010
ada

Tuk Arif : Berbuat baik ya berbuat baik. Itu harus diusahakan. Tapi kiamat itu kagak bisa dindur,,….

21 06 2010
nyemot

salam kenal.sya nyemot (samaran).Ha3..
menurut saya mungkin benar indo merupakan pulau yg tersisa stelah gempa n kenaikan volume air yg mengakibatkan tenggelamnya atlantis..tp knapa dari dulu indo ga diwarisi otak keturunan org atlantiz y.soalny ampe dijajah bangsa2 seh.n soal emosi sgt ga bisa dikendalikan.^^
jadi menurut saya begitu atlantis hilang orang indo bukan garis keturunan atlantis asli.

by nyemot

25 06 2010
Hadye

Saya pernah dengar juga katanya Atlantis suatu hari akan muncul kepermukaan lagi. Entah kata ‘muncul’ itu dalam artian kembali kepermukaan seperti dulu atau muncul dalam artian mengulang kejayaannya. Yang pasti jika Tuhan berkehendak segalanya bisa terjadi On The Earth. God Almighty. Allahu Akbar!.

26 06 2010
Regan

gw tanya kalo indonesia memang atlantis…

pusta kota atlantis dmna…. kan katanya Atalantis itu di kelingi kali” yang mutar…
tpi di gambar” atas gk ada yang menampilkan dmna letak kota allantis yang paling akurat… gk ada bultan sama sekali…

3 07 2010
titi

kerennnnnn bgt sejarah indonesia back atlantis ini

19 07 2010
ashianur

asliiii kereeeeeen banget ..

21 07 2010
sendry

gw yakin bgt ni.
ini udeh fakta.

30 07 2010
fikri

saya tdk terlalu yakin, sih… but, maybe it’s really are

6 08 2010
Bowo

indonesia luar biasa…………..

7 08 2010
tatang

tenane lho maz….!

9 08 2010
ariva

bravO dCh BwD atLAntIK@@@@*&*^%*(

18 08 2010
guntur

bismilah
assalamualaikum

menurut ku
Atlantis itu indonesia, saat itu atlantis negara besar bersama Yunani super kuno, terus kena kutukan ALLAH SWT jadi Atlantis 1 di Indonesia ngungsi ke Atlantis 2 di India terus hijrah ke Mesir (kebudayaan Indonesia, India, Mesir mempunyai kesamaan), bangsa atlantis bisa jadi bangsa austronesia. Coba anda lihat firaun yang hidup di mesir mempunyai fisik pendek dengan kulit sawo matang mirip orang Indonesia (secara fisik).
terus datang pendatang bani israel jadi jajahan firaun, dan kemudian atlantis ke 3 juga bubar terus kebudayaan yang buruk dari mesir kuno dicomot bani israel menjadi ajaran yahudi yang buruk, seperti menyembah matahari, pesta pora, lambang2.

jadi kita Indonesi keturunan Atlantis ? hanya ALLAH SWT yang tau.

4 10 2010
Simon

Kerenn,..

29 10 2010
vera oktaviani

ada ga’ ya bukti peninggalan atlantis di masa sekarang yang bener2 bisa menunjukan bahwa atlantis itu adalah INDONESIA ??????

30 10 2010
Hindra

baggguuzztt,,
buuanggettttt…………

1 11 2010
faiza mei rezi

ini menjadi sebuah pertanyaa untuk kita semua, dan membuat kita untuk mencari jawaaban atas pernyataan diatas. jika memang indi nesia benua yang hilang ini, kok bisa muncul lagi ke permukaan seperti yang sekarang ini dan di sebut Indonesia.
disatu sisi memang kita harus bersyukur Indionesia adalah pst peradaban dunia pada zaman dlu, dan bagfai man kita sekarang bisa memanfaat kan itu bahkan menjaganya dengan baik. tapi kita tidak boleh berbangga diri dulu untk itu, kita harus mencari sebuah kebenaran yang lebih hakiki lagi.

8 11 2010
vebi

wawllohu alam bnr tidaknya benua yg hilang,tpi smkin ku bca mslh gunung meletus berbarengan,bulan ini lah yg hampir menyerupai kbnran atlantis,skrg gunung2 diindonesia smua berstatus waspada,sungguh sgt mengerikan jika memang bnr2 terjadi seperti yg tertera diatas,klo bgitu indonesia akn hancur klo memang indonesia bnr2 atlantis,ya allah mudah2han itu smua tidak bnr,aku tdk ingin negri indonesia tengelam seperti atlantis,dan knp hnya indonesia yg mengalami musibah2 trus.hanya allah yg mengetahui jawabannya.

23 12 2010
hamdan™

W-O-W apakah indonesia adalah atlantis,,, klo benar menganpa kita tida dihargai dan di akui oleh dunia harus nya mereke tunduk dengan kita bkn enjadikan kita menjadi budak MERDEKA!!!!!! yg mau add fb gw nih e-mail nya yah plis add nya : hamdanchandra@yahoo.co.id setatus jomblo

23 12 2010
BLACK WHITE

Indonesia memang sudah atlantis kaya akan sgalanya…. tp pengurus sistem pemerintahhan yang mebuat Indonesia jadi miskis

23 12 2010
BLACK WHITE

ups… * membuat miskin

11 01 2011
saddam

mantap informasi onlinenya buat nambah referensi dan wawasan dunia.

1 03 2011
pakdhe

awal mula indonesia adlh kerajaan yg jaya ‘n kaya raya,kelak indonesia jg akan di pmpn oleh seorang yg bijak spt raja,’n indonesia akan jd jaya,sampai Nabi Isa as ‘n imam Mahdi trn ke dunia menumpas pr dajjal.

13 04 2011
estimate

tuh kan lahir deh agama baru yakni agama Atlantis dengan nabi-nabinya yakni Plato AS dan Santos AS atau kalau perlu tambah lagi nabinya yakni Obama AS (eh emang bener tuh Obama kan memang presiden AS)

13 04 2011
estimate

gara-gara atlantis semua hidung orang Indonesia jadi ngembang kayak jambu air. Memang gitu deh orang Indonesia paling seneng dipuji dan disanjung-sanjung gak tahunya rakyatnya melarat. Makan tuh pujian dan sanjungan ame kenyang.
Indonesia adalah Atlantis Merampot

13 04 2011
estimate

semua wilayah yang kena gempa sama gunung berapi adalah gugusan Altlantis yang katanya Indonesia itu. Nah berarti Kalimantan bukan Indonesia sebab tidak masuk dalam gugusan gunung berapi dan gempa, wes…pisah dari NKRI deh lebih bagusnya. bosan gabung sama atlantis.

13 04 2011
estimate

buat GUntur, orang Indonesia itu keturunan monyet alias manusia purba di picthencantropus erectus. Nah lebih lagi manusia Jawa berasal dari manusia purbanya yakni Solohensis dan Wajakhensis ditambah lagi Trinilensis dan Tukulensis. Jadi lengkap deh manusia disitu sebenarnya keturunan monyet buktinya tida punya perasaan, mau menang sendiri, kaya sendiri senang sendiri tidak mau memikirkan orang lain, kan monyet namanya.

21 04 2011
Lisna Pusamania

masa sih indonesia itu adalah benua atlantis yng hilang dulu

7 06 2011
agif

bravo indonesia.
bagi yg koment yang menghina atau pesimis setelah kuselidiki ada 3 org dari malingsia hehehe mereka iri dengan indo

12 06 2011
arman

by1 sini ama gue di newbie 3 server 07

11 07 2011
Aidia

atlantis memang penuh misteri…

19 07 2011
sayaaja

woaaahh… thx bgt yah buat informasi nya. smoga aja beneran. hehe.. indonesia mrpkn negara dengan Sumber Daya Alam yang sangat banyak. syg bgt byk sekali negara-negara luar yg pgn bgt nguasain. kita sebagai rakyat Indonesia hrs ttp sama2 menjaga&melestarikan SDA kita ini. cth nya tambang emas di Papua, Hutan kayu di Kalimantan, Harimau di Sumatra, Gajah di Lampung, dsb. Yukk sama2 kita bersatu? :)

11 08 2011
yani

subhanallah..itulah kebesaran allah..indonesia itu seperti surga…makanya allah menciptakan surga dunia itu diindonesia..seharusnya kita bersyukur dan menjaganya…

10 09 2011
Indonesia adalah benua Atlantis yang hilang? « Elvoshon Wordpress

[...]  :   http://yuhendrablog.wordpress.com/2008/09/04/benarkah-indonesia-adalah-benua-atlantis-yang-hilang/ Rate this: Like this:SukaBe the first to like this [...]

3 10 2011
hiiru16

sok tau maluin bangsa aja

26 10 2011
widodo

wahh berarti indonesia tmpt lahirnya peradaban yah…..

26 10 2011
Deeyach

alhamdulillah ea
ternyata indonesia adalah salah satu sisa benua atlantis yg masih ada
tpi mungkin semuanya ALLAH SWT yg tahu

(* v *)

5 12 2011
garyn nan elok

makannya kita harus bersykr bhwa indonesia dlu nya adlh atlantis(mungkin) tpi klo benca na itu bisa menghlkn atlnts berarti bencana itu bsa mnghlngkn indonesia juga!! :)

6 01 2012
miina

wah… menarik banget nih.. seandainya memang benar, kira2 ini ada hubungannya nggak ya sama peradaban kuno lembah sungai eufrat dan tigris yang ada di india? hmmm…

13 01 2012
khadija

betul bgt indonesia tempat lahirnya peradaban tapi jangan sampai Indonesia juga tenggelam kaya’ Atlantis…

11 09 2012
Andika Tokyo Comunity

mudah-mudahan z bner ea,……
akku jdi bngga sma indonesia,……

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: