Daftar Nama Partai Politik (PARPOL) peserta PEMILU 2009 Indonesia.

9 07 2008

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sabtu (31/5) dini hari mengeluarkan daftar 34 partai politik yang lolos verifikasi administrasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2009. Dari jumlah ini, 16 partai politik BARU dipastikan lolos karena telah memiliki kursi di DPR. Terdapat juga 11 parpol yang tidak lolos verifikasi administrasi dan dua parpol tidak diproses karena tidak terdaftar.

Partai politik yang lolos verifikasi administrasi tersebut yaitu:

1.Partai Barisan Nasional
2.Partai Demokrasi Pembaruan
3.Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
4.Partai Hanura
5.Partai Indonesia Sejahtera
6.Partai Karya Perjuangan
7.Partai Kasih Demokrasi Indonesia
8.Partai Kebangkitan Nasional Ulama
9.Partai Kedaulatan
10.Partai Matahari Bangsa
11.Partai Nasional Benteng Kerakyatan
12.Partai Patriot
13.Partai Peduli Rakyat Nasional
14.Partai Pemuda Indonesia
15.Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia

16.Partai Perjuangan Indonesia Baru
17.Partai Persatuan Daerah
18.Partai Republik Nusantara
19. Partai Amanat Nasional (PAN)
20 Partai Bintang Reformasi (PBR)
21. Partai Bulan Bintang (PBB)
22. Partai Damai Sejahtera (PDS)
23. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)
24. Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK)
25. Partai Demokrat
26. Partai Golongan Karya (Partai Golkar)
27. Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB)
28. Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI)
29. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
30. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
31. Partai Nasional Indonesia (PNI) Marhaenisme
32. Partai Pelopor
33. Partai Penegak Demokrasi Indonesia (PPDI)
34. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)

Daftar 6 Nama Parpol Lokal NAD Nanggoe Aceh Darussalam :
1. Partai Rakyat Aceh
2. Partai Aceh
3. Partai Bersatu Atjeh
4. Partai Suara Independen Rakyat Aceh

5. Partai Aceh Aman Seujahtera

6. Partai Daulat Atjeh

Daftar 11 parpol yang tidak lolos verifikasi KPU :
1. Partai Islam
2. Partai Kristen Demokrasi indonesia
3. Partai Tenaga Kerja Indonesia
4. Partai Masyarakat Madani
5. Partai Pemersatu Nasional Indonesia
6. Partai Republik
7. Partai Bela Negara
8. Partai Nasional Indonesia
9. Partai Persatuan Perjuangan Rakyat
10. Partai Kerakyatan Nasional
11. Partai Reformasi Demokrasi

2 partai politik mengundurkan diri tidak berbadan hukum Depkum HAM :
1. Partai Kemakmuran Rakyat
2. Partai Islam Indonesia Masyumi

Tambahan daftar istilah / singkatan pemilu by organisasi.org :
- Pemilu Luber : Langsung Umum Bebas Rahasia
- Pemilu Jurdil : Jujur dan Adil
- KPU : Komisi Pemilihan Umum
- KPUD : Komisi Pemilihan Umum Daerah
- Pemilu : Pemilihan Umum

Sumber : Website Resmi KPU (Komisi Pemilihan Umum)

BERIKUT DAFTAR GAMBAR PARTAI POLITIK

PESERTA PEMILU 2009

Sumber Gambar dan Sumber Link Bank Data Parpol

http://kompas.com/

About these ads

Aksi

Information

32 responses

9 07 2008
Yohan Poetra Soemarna

Sebaiknya partai politik Indonesia turut mencari solusi yang terbaik untuk krisis energi yang melilit bangsa ini. Jangan sampai terjadi “habis terang, terjadilah gelap” karena bisa menimbulkan kerawanan sosial. Bagaimana solusi Anda ?

10 07 2008
Agus Ramadhan

UMAT ISLAM BERSATU…. BERSATULAH UMAT-UMAT MUHAMMAD
INGAT ALLAH SUBHANA WATAALA
TIDAK SADARKAH ISLAM LAGI DA DIAMBANG KEHANCURAN MORAL
TIDAK SADARKAH ISLAM LAGI DIPERMAINKAN OLEH ORANG-ORANG YAHUDI
DAN NASRANI….
TEGAKAN HUKUM ISLAM
UNTUK SEMUA GA CWE PA CWO
KHUSUSNYA ORANG-ORANG ISLAM JANGAN MENGAKU DIRINYA ISLAM
KALO PERILAKUNYA BUKAN KAYA UMAT MUHAMMAD
JANGAN MALU-MALUIN ORANG-ORANG ISLAM
INGAT SADARR……..!!!!!!!!
TEGAKAN HUKUM ISLAM DI INDONESIA PASTI dan YAKIN INDONESIA AKAN AMAN DAN TENTRAM
GA NEKO –NEKO…….

Pertanyaan Nabi (2) : “Hai Iblis! Bagaimana perbuatanmu kepada makhluk Allah?” Jawab Iblis : “Adalah satu kemajuan bagi perempuan yang merenggangkan kedua pahanya kepada lelaki yang bukan suaminya, setengahnya hingga mengeluarkan benih yang salah sifatnya. Aku goda semua manusia supaya meninggalkan sholat, terbuai dengan makan minum, berbuat durhaka, aku lalaikan dengan harta benda daripada emas, perak dan permata, rumahnya, tanahnya, ladangnya supaya hasilnya dibelanjakan ke jalan haram. Demikian juga ketika pesta yang bercampur antara lelaki dan perempuan. Disana aku lepaskan sebesar-besar godaan supaya hilang peraturan dan minum arak. Apabila terminum arak itu maka hilanglah akal, fikiran dan malunya. Lalu aku ulurkan tali cinta dan terbukalah beberapa pintu maksiat yang besar, datang perasaan hasad dengki hingga kepada pekerjaan zina. Apabila terjadi kasih antara mereka, terpaksalah mereka mencari uang hingga menjadi penipu, peminjam dan pencuri. Apabila mereka teringat akan salah mereka lalu hendak bertaubat atau berbuat amal ibadat, aku akan rayu mereka supaya mereka menangguhkannya. Bertambah keras aku goda supaya menambahkan maksiat dan mengambil isteri orang. Bila kena goda hatinya, datanglah rasa riya’, takabur, megah, sombong dan melengahkan amalnya. Bila pada lidahnya, mereka akan gemar berdusta, mencela dan mengumpat. Demikianlah aku goda mereka setiap saat.

10 07 2008
Agus Ramadhan

Pertanyaan Nabi (1) : “Hai Iblis! Siapakah sebesar-besar musuhmu dan bagaimana aku terhadapmu?” Jawab Iblis : “Ya Nabi Allah! Engkaulah musuhku yang paling besar di antara segala musuhku di muka bumi ini.” Maka Nabi pun memandang muka Iblis, dan Iblis pun menggeletar karena ketakutan. Sambung Iblis, “Ya Khatamul Anbiya! Ada pun aku dapat merubah diriku seperti sekalian manusia, binatang dan lain-lain hingga rupa dan suara pun tidak berbeda, kecuali dirimu saja yang tidak dapat aku tiru karena dicegah oleh Allah. Kiranya aku menyerupai dirimu, maka terbakarlah diriku menjadi abu. Aku cabut i’tikad/niat anak Adam supaya menjadi kafir karena engkau berusaha memberi nasihat dan pengajaran supaya mereka kuat untuk memeluk agama Islam, begitu jugalah aku berusaha menarik mereka kepada kafir, murtad atau munafik. Aku akan menarik seluruh umat Islam dari jalan benar menuju jalan yang sesat supaya masuk ke dalam neraka dan kekal di dalamnya bersamaku.

14 07 2008
yuhendrablog

@Mas Yohan
yup bener sekali mas, saya sependapat dengan mas, isu2 lokal kadang kala menjadi nilai jual bagi partai2 baru maupun lama untuk berkompetisi di PEMILU mendatang, agaknya kalo saya liat dari komentar mas ini berkaitan dengan LISTRIk, pemerintah kita juga sedang mengupayakan memenuhi kebutuhan listrik masyarakat dengan membangun sejumla Pembangkit Listrik baru yang katanya sih akan rampung awal tahun depan, tapi kita lihat saja kedepannya….

@Mas Agus
saya menyadari hal itu, namun PEMILU adalah sebuah PROSES dari sebuah cita-cita menuju pemerintahan yang baik dan benar, terlepas dari salah atau tidaknya orang-orang yang ada didalamnya, namun mari kita berbaik sangka sehingga tujuan nasional akan tercipta, sudah terlalu capek masyarakat kita di hiasi dengan prasanka buruk, mereka (pemerintah) juga manusia seperti kita, kadangkala ada buruknya, yang jelas satu solusi saya buat negara ini, mulailah berbaik sangka kepada pemerintah, beri mereka kepercayaan lagi, karena kita adalah mereka dan mereka adalah kita. masalah dosa atau tidak itu adalah kembali kepribadi masing-masing, wong bukannya dosa ditanggung sendiri ??? begitu

30 07 2008
Wuryanano

Waduh…di Indonesia ini kok buanyaak banget ya macam Partai nya.
Kebangetan juga. Apa ini sebagai indikator bahwa bangsa kita ini sekarang semakin menjadi bangsa egois, terbukti dengan semakin banyaknya partai yang didirikan… ;-)

Kenapa nggak bersatu-padu bersama membangun bangsa dan negara yaa… :D Banyak alasan untuk mendirikan partai, yang terbanyak alasannya adalah demi idealisme rakyat… Benarkah? Bukan untuk cari popularitas dan duit nih… Hayooo ngaku !! Hwekekekek…

Kelihatannya, di dunia ini, negara yang paling banyak punya partai yaa Indonesia ini. Benar ya mas? :)

Yoo wis biarin aja deh, wong saya ini hanya rakyat jelata…nggak ikut campur soal politik-politikan…

Salam dari Surabaya,
Wuryanano

30 07 2008
Indonesian President Idol 2009 « Replik Duplik Justicie

[...] Pada tanggal 9 April 2008 lalu secara resmi KPU telah  mengumumkan waktu pelaksanaan PEMILU 2009. Partai-partai yang lolos verifikasi pun telah diumumkan dan telah menyatakan kesiapannya untuk bertarung memperebutkan simpati rakyat [...]

2 08 2008
yuhendrablog

@Mas Wuryanano
sebenarnya mas, saya lebih setuju sistem pemilu seperti di AMERIKA
hanya ada 2 partai, REPUBLIK dan DEMOKRAT
jadi terarah masing-masing ada tujuan yang sama-sama untuk kepentingan kolektif masyarakat bukan kepentingan pribadi orang-orang partai itu sendiri.

demikian. ^^

19 08 2008
Eris Putra

Sebenarnya,saya tidak setuju, dengan bnyak nya ParPol yang beRDiri. . . Justru ini, menggam br kan bhwa,,, ParPol d dirikan untuk kepuasan Pribadinya,,, ungkapan “Meningkatkan Persatuan dan Kesatuan R.I “, kini haNya isapan jempol belaka, dan Sangat Melebar dari ungKpan itu.

20 08 2008
Peserta Pemilu 2009 menjadi 38 Partai, Setelah ditambah 4 Partai Tambahan « Replik Duplik Justicie

[...] diterimanya tuntutan keempat parpol, jumlah peserta Pemilu 2009 menjadi 38 partai. Meskipun demikian, KPU tidak mengakui hasil pengundian nomor yang dilakukan keempat partai setelah [...]

16 09 2008
PARTAI PESERTA PEMILU 2009 « Marinusvito’s Weblog

[...] diterimanya tuntutan keempat parpol, jumlah peserta Pemilu 2009 menjadi 38 partai. Meskipun demikian, KPU tidak mengakui hasil pengundian nomor yang dilakukan keempat partai setelah [...]

19 10 2008
Plesetan, daftar partai yang tidak lolos verivikasi KPU « Replik Duplik Justicie

[...] pada Artikel sebelumnya saya mencoba menulis rilis nama partai-partai yang lolos verifikasi KPU untuk dapat ikut serta dalam PEMILU 2009, dan Artikel tersebut menjadi artikel nomor 2 yang paling [...]

19 02 2009
Jager

WAJAH NEGERI IMPIAN

Kenyataan pahit yang harus dihadapi sampai saat ini di negeri impian. Cerita ini diawali pengalaman saya saat mengurus surat akte nikah catatan sipil. Adalah potret negeri impian yang masih korup tidak pernah berubah. Setelah usai pemberkatan pernikahan nikah resmi di gereja, saya akan mengurus akte catatan sipil di wilayah Jakarta Selatan. Awalnya, saya harus diminta lapor terlebih dahulu ke pak RT./RW setempat. Untuk membuat surat pengantar untuk membuat surat akte nikah catatan sipil. Di kantor / Rumah pak RT saya dikenakan tariff Rp.20.000,- untuk uang rokok pak RT. Kalau tidak suratnya akan lama lama sekali keluar. Begitupun terjadi di rumah pak RW harus menyerah kan uang rokok sebesar Rp.20.000,- dengan alasan yang sama. Saya pun mau tak mau. Selanjutnya surat pengantar tersebut harus diantar lagi ke kantor kelurahan. Sesampai di kelurahan, kejadian yang sama terulang lagi. Saya harus dikenakan uang capek Rp.25.000,- untuk oknum/pegawai kelurahan untuk dapat diproses dan ditanda tangani dan distempel oleh pak lurah. Selanjutnya surat pengantar dari kelurahan (N1-N4) diantar ke kantor kecamatan, untuk ditanda-tangani oleh pak camat. Demikian juga sama terjadi. Harus dikenakan biaya / uang capek Rp.25.000,- kepada oknum tertentu untuk mendapat stempel dan tanda tangan oleh pak Camat. Demikian juga semua proses harus berulang terjadi pada calon istri saya (karena beda kelurahan / kecamatan) sampai tingkat kecamatan setempat. Baru keduanya (surat pengantar kelurahan N1-N4, harus di bawa ke kantor catatan sipil.

Lantas surat pengantar tersebut (N1-N4) dari kantor kelurahan yang harus lagi ditandatangani lagi oleh pihak kantor kecamatan seleasai, dan harus segara diantar lagi langsung ke kantor catatan sipil di Jakarta Selatan. Yaitu di Jl.Radio, Kebayoran Baru, dekat pasar Mystik Jakarta Selatan. Hal yang sama terjadi. Tarif normal peraturannya, pembuatan akte nikah catan sipil adalah Rp.50.000,- Tetapi sampai di tempat bukan lagi Rp.50.000,- akan tetapi menjadi Rp.350.000,- Itu juga harus melalui proses syarat-sayarat yang berbelit – belit yang tidak – tidak (tidak resmi) yang merupakan rekayasa oknum tersebut / pegawai kantor catatan sipil Jakarta Selatan, karena tidak pernah disebutkan dalam peraturan sebelumnya. Kebanyakan, kita / yang mengajukan pasti tidak punya / tidak bawa. Jika tidak bawa / ada / kurang syarat-syarat yang dimintanya. Maka tampa ragu-ragu akan dicaloi oknum pegawai catatan sipil lagi dan dimintai uang rokok/lelah minimal harus bayar Rp.150.000,- per surat yang kurang, untuk pengurusannya (oknum tersebut yang urus cepat langsung di tempat).. Sangat memberatkan!

Demikianlah sekelumit potret dari sosok negeri impian sampai saat ini. Sudah gonta ganti partai, dan gonta ganti presiden tetap sama saja tidak pernah ada perubahan sedikitpun. Tidak ada peraturan yang memihak rakyat. Terutama dalam hal sekecil ini!!! Apa ya artinya sudah gonta – ganti pemimpin? Semua sama saja, tetap memihak oknum pejabat/ petinggi tertentu dan kaum orang kaya saja. Sepertinya semua oknum pegawai pemerintah tetap sama dari zaman orde baru, terus saja korup dan korup! Memperkaya diri sendiri. Dengan menjual / menyalahgunakan peraturan dan mempersulit. Untuk memperkaya diri sendiri. Tidak pernah sekalipun berpihak pada rakyat miskin!!!! Jadi bagi saya saat ini percuma saya harus ikut pemilu. Toh sama saja, tidak ada perubahan sedikitpun!!!! Semua sepertinya tak lebih hanya intrik tipu-menipu belaka untuk memikat hati rakyat! Partai mana yang berani sanggup merombak dan mereformasi habis semua system & kebijakan administrasi negara/pemerintahan negeri impian yang sudah korup ini, terutama untuk semua administrasi kependudukan / rakyat sipil??? Itulah partai yang akan saya pilih. Jangan hanya omong saja! Berani tidak melakukan perombakan administrasi kependudukan yang saat ini berbelit-belit dan menjadi ladang korupsi bagi oknum pegawai negara?!
Lagi pula. zaman sekarang teknologi komputer sudah sangat canggih. Semua prosedur pengurusan adminitrasi kependudukan seharusnya sederhana, bukan repot dan berbelit-belit seperti saat ini. Harus tanda tangan sana-sini. Seharusnya dapat langsung online ke semua instansi yang terkait. Tampa harus repot-repot diantar kesana – sini untuk tanda tangan, mulai dari tingkat RT, kelurahan, kecamatan sampai kantor suku dinas kependudukan setempat. Peraturan kependudukan sipil sekarang jelas sangat merepotkat, berbelit-belit dan mempersulit rakyat saja. Seharusnya peraturan dirombak total / habis-habisan. Tidak lagi seperti sekarang ini. Yang terjadi adalah rakyat kesal dan kecewa, untuk makan saja mereka sudah susah bagaimana harus dibebani uang sana-sini untuk mendapat legitimasi atau tanda tangan dari pejabat tertentu sebagai sarana keabsahan warga negara. Rakyat banyak yang kecewa. Mereka lebih memilih hidup serumah tampa ada ikatan resmi yang sah, kumpul kebo tampa mau peduli lagi lapor ke RT/RW. Yang terjadi banyak penduduk/warga negara banyak tidak terdata dengan akurat, baik untuk yang pindah, lahir, meninggal, nikah maupun datang.. Jika terus masih berlanjut juga, dalam prakteknya adalah hanya akan terus memperkaya oknum tertentu / pegawai pemerintah saja!!! Untuk hal ini, bila perlu harus gratis tampa dipungut biaya sepeserpun buat rakyat karena adalah bentuk pelayanan dan kepedulian Pengelola Negara / Pemerintah untuk rakyatnya. Semoga ada parpol /pejabat yang mendengar ini.Dan segera membenahinya! Untuk system komputerisasi administrasi kependudukan kami siap jika diminta menangani jika diminta. (godekimut@yahoo.com)

11 03 2009
Hafidz

Proses demokrasi yang tertuang dalam pemilu 2009 sungguh kehilangan substansi, terlihat jelas bahwa nuansa kepentingan individualistik masih merajai dalam proses berdemokrasi menjelang pemilu 2009 digelar. Masyarakat semakin sadar dengan sendirinya, karena dihadapkan pada kondisi dimana calon wakil rakyat mereka baik secara terselubung maupun terang-terangan yang mencerminkan etika yang sangat sangat tidak etis, seperti misalnya Kampanye Negatif, money politic, unsur pemaksaan, kelicikan strategi, membenarkan segala cara, dan ditambah lagi issu masalah pribadi yng sering di ekspos di media-media. Kami berharap agar masyarakat luas secara cerdas dan jernih untuk memilah dan memilih calon wakilnya dengan logika yang sederhana, seperti Terima Pemberiannya, Tolak Gambarnya, dan Jangan Pilih Orangnya……

17 03 2009
Putri Vera

saya pikir banyaknya partai pemilu di Indonesia mencerminkan demokrasi yang dijunjung tinggi di Indonesia.
Melihat dari pengalaman pemilu sebelumnya, partai yang kalah pun tidak pernah melakukan kudeta terhadap pemerintahan.

Skarang pilihan di serahkan kepada rakyat.

Wahhhhh !!!
pemikiran mbak Putri Vera sungguh cemerlang,
hal tersebut hampir tidak pernah terpikirkan oleh saya,
itulah negara kita mbak, walaupun tertatih2 dalam berdemokrasi,
tapi masih juga mampu melaksanakannya secara dewasa dan martabat.
semoga peristiwa kudeta tsb tidak pernah terjadi di negara kita ini.
Amin

Thx kunjungannnya !!

20 03 2009
dir88gun

Assalamu alaikum wr. wb.

Saudaraku tersayang,
lihat kenyataan yang ada di sekitar kita!

Uang Dihamburkan…
Rakyat dilenakan…
Pesta DEMOKRASI menguras trilyunan rupiah.
Rakyat diminta menyukseskannya.
Tapi rakyat gigit jari setelahnya.
DEMOKRASI untuk SIAPA?

Ayo temukan jawabannya dengan mengikuti!

Halqah Islam & Peradaban
–mewujudkan rahmat untuk semua–
“Masihkah Berharap pada Demokrasi?”
Tinjauan kritis terhadap Demokratisasi di Dunia Islam

Dengan Pembicara:
Muhammad Rahmat Kurnia (DPP HTI)
KH. Ahmad Fadholi (DPD HTI Soloraya)

yang insyaAllah akan diadakan pada:
Kamis, 26 Maret 2009
08.00 – 12.00 WIB
Gedung Al Irsyad

CP: Humas HTI Soloraya
HM. Sholahudin SE, M.Si.
081802502555

Ikuti juga perkembangan berita aktual lainnya di
hizbut-tahrir.or.id

Semoga Ia senantiasa memberikan petunjuk dan kasih sayangnya kepada kita semua.
Ok, ma kasih atas perhatian dan kerja samanya. (^_^)
Mohon maaf jika ada ucapan yang kurang berkenan. (-_-)

Wassalamu alaikum wr. wb.

20 03 2009
parnen

pemilu ini akan menyulitkan bagi masyarakat untuk memilih partai yang mana, karena partai yang banyak sehingga masyarakat sulit menentukan partai yang harus dipilih. partai yang lama atau partai yang telah melakukan sosialisasi dimasyarakat yang mereka akan pilih.

namun tidak semua partai baru yang akan mendapat suara dengan mudah, hal ini dipengaruhi oleh tidak adanya bukti partai baru bagi masyarakat sehingga masyarakat masih meragukan partai baru tersebut.

20 03 2009
parnen

banyaknya partai baru yang muncul akibat dari calon sang raja tidak diusung dari partai lama untuk menjadi presiden atau wakil presiden maka calon raja tersebut lebih memilih membuat partai baru. kebiasaan partai selalu mendahulukan orang yang lebih terkenal dari pada orang yang memang tepat untuk dicalonkan sebagai presiden. masyarakat bisa menilai jika itu benar berarti partai tidak ingin masyarakatnya menang tetapi calonnya yang menang untuk mengangkat partai itu.

31 03 2009
cyberHackR

aduh2, ni simbah mau milih kok binggung…..

binggung bacanya…
binggung ma orang2 yang pada rakus jabatan….
negara kita kita banyak yang rakus,,,,

15 04 2009
ikadt TUhan

.wadddoooh.

.plisss degh gug ussah sewot, so peduli , so care , so alim , en so ga berdosa

sadarr ga sih setiap orang pasti berdosa
en BUKAN HANYA KAUM NASRANI

lu pikir semua umat agama lu udah pada beres gittu

lain kalii sebelum liat kesalahan orang lain liat dulu kesalahan lu sendiri

liat tuh ..
sebenernya siapa di indonesia ini yang ga bisa menghargai orang lain????

kalo lu ga bisa menghargai orang lain berarti ilmu lu CETEKK !!

20 04 2009
natsuki

terlalu banyak partai nh

15 05 2009
wahyu

jika menurut orang awam seperti saya ini, di Indonesia itu banyak kantor pengadilan tapi agak susah keadilan, ternyata uang masih jadi pengadil yang efektif……!!!!

15 05 2009
wahyu

eh maaf orang awam ngambil datanya! mohon ijin yah….

21 03 2010
rein

eh maaf orang batam ngambil datanya ! mohon ijinnya yah.,.,.,.,.,.,?

………………………………?????????????????????????????????????????????????????????????????????????

25 09 2010
juanda

hai

20 04 2011
KEVIN EDWARD

PAK COBA BIKIN NAMA KETUA PARTAINYA DIBAWAH NAMA PARTAINYA ……………

**OKE**

30 11 2011
IRNA CANTIEX

EEEHH SALAH PENCET

4 01 2012
emiyatun

di indonesia pasti kroyokannnnnnnnnn

9 01 2012
emiyatun

kjugi

24 01 2012
Raven Melanoptera Heidler

menurut saya, para ahli filsafat di Indonesia harus membuat suatu ideologi baru yg lebih baik daripada demokrasi….
Demokrasi kok cuma habisin uang….

5 02 2012
muhammad sholichin

WAHAI PARA PEJABAT YANG TAHU UANG…
SADARLAH DENGAN PEKERJAAN ANDA PERLU UANG…
POLITIK ASLI ATAU PALSU TETAP MENDAPAT UANG…
MAKA DIBUATLAH PARTAI GOLONGAN UANG…

7 08 2012
sanjaya

EHHH AGUS RAMADHAN JNGN BAWA2 AGAMA,,KLU BICARA MASALAH TENTRAM PRILAKU MACAM FPI BS AMAN KH INDONESIA DI MANA HUKUM ISLAM Y……..ITU HUKUM YG BUAT ORANG RESAH JAK….

25 01 2013
Amalia Rizky

trsrh mrka mau bkin sbnyk ap…. yg pnting itu bsa tanggung jwb, dan kerja sma dgn baik……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: